Sukses

BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta, Ketahui Cara Daftar, Jadwal Cair dan Cek Status Penerimaan

Pemerintah kembali memberikan bantuan sosial berupa penyaluran Bantuan Tunai Langsung anak sekolah mencapai Rp 4,4 juta.

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi ini, pemerintah memberikan beberapa bantuan sosial atau bansos. Satu di antaranya berupa penyaluran Bantuan Tunai Langsung atau BLT anak sekolah senilai Rp 4,4 juta.

BLT anak sekolah ditujukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Untuk jadwalnya, BLT siswa ini cair dalam 4 periode di 2021. Waktunya yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober di tahun ini.

Rincian BLT anak sekolah yang diberikan bervariasi, mengacu pada jenjang pendidikan masing-masing pelajar. Muli dari SD, SMP hingga SMA.

Rinciannya, BLT untuk anak sekolah tingkat SD senilai Rp 900 ribu. SMP senilai Rp 1,5 juta. Sementara itu, pelajar tingkat SMA sebesar Rp 2 juta. Nantinya, bantuan akan dihitung untuk setiap jiwa dalam satu keluarga.

Buat yang penasaran bisa memeriksa langsung apakah Anda berhak mendapatkan BLT anak sekolah atau tidak.

Status penerimaan BLT anak sekolah bisa dilihat secara mandiri melalui tautan cekbansos.kemensos.go.id dengan memenuhi terlebih dahulu sejumlah persyaratan yang ditentukan.

Melansir dari laman kemensos.go.id, Jumat (24/9/2021), BLT anak sekolah diberikan melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuannya untuk memberikan bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai informasi tambahan, BLT anak sekolah masuk dalam kategori bantuan komponen. Bantuan ini akan diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Penerima BLT Anak Sekolah

Sebelum memeriksa status penerimaan BLT anak sekolah, penuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan seperti yang dilansir dari akun Instagram (@indonesiabaik.id).

1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal atau nonformal.

3. Pemilik KIP terdaftar di Data Pokok Pendidik (Dapodik).

4. Pendaftaran bisa dilakukan di lembaga dinas pendidikan terdekat bagi keluarga yang tidak memiliki KIP. Jangan lupa untuk membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

5. Selanjutnya, orang tua bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan bagi siswa yang tidak memiliki KKS.

3 dari 3 halaman

Cara Cek Status Penerimaan BLT Anak Sekolah

Setelah memastikan persyaratan terpenuhi, berikut cara untuk memeriksa status penerimaan BLT anak sekolah di laman cekbansos.kemensos.go.id.

1. Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan identitas yang dibutuhkan, yaitu wilayah tempat tinggal (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa), serta nama penerima bantuan sesuai KTP.

3. Ketikkan kembali 8 kode huruf yang terlihat dalam kotak kode.

4. Jika kode huruf kurang jelas, Anda bisa menekan ikon di samping tulisan “Captcha” untuk mendapatkan kode huruf yang baru.

5. Kemudian, klik “Cari Data”.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

    blt

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • pemerintah

  • blt anak sekolah