Sukses

Hasil Kartu Prakerja Gelombang 21 Sudah Diumumkan, Selanjutnya Apa?

Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 diumumkan sejak Rabu, 22 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para peserta Kartu Prakerja Gelombang 21, cek segera status penerimaan kalian. Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 diumumkan sejak Rabu, 22 September 2021. Status penerimaan bisa dilihat melalui dashboard Prakerja, SMS, atau e-mail peserta.

Peserta yang dinyatakan lolos akan menerima 16 angka Nomor Kartu Prakerja yang bisa digunakan untuk membayar pelatihan. Lebih lanjut, peserta mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta.

Melansir dari akun Instagram Prakerja @prakerja.go.id, Kamis (23/9/2021), saldo pelatihan sedang dikirimkan ke akun peserta secara bertahap.

Nantinya, saldo digunakan untuk membeli pelatihan di tujuh platform digital yang bekerja sama dalam program Kartu Prakerja, yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Perlu diingat bahwa peserta harus membeli pelatihan dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi. Apabila batas waktu yang ditentukan terlewat, program Kartu Prakerja dan status kepesertaan akan dicabut.

Diketahui gelombang 21 menjadi pendaftaran terakhir Kartu Prakerja karena anggaran untuk 2021 sudah terpakai sepenuhnya.

"Gelombang 21 ini adalah gelombang terakhir sesuai dengan alokasi budget semester II 2021 sebesar Rp 21,2 triliun," kata Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Rabu (22/9/2021).

Meskipun demikian, gelombang tambahan masih memiliki peluang dibuka kembali untuk mengisi kuota status kepesertaan yang dicabut dari gelombang sebelumnya.

Dikatakan jika saat ini manajemen sedang mengirimkan dana pelatihan ke akun Prakerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membeli Pelatihan

Peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video pengenalan Kartu Prakerja di dashboard. Setelah menonton video, peserta akan mendapatkan 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Gunakan Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan melalui cara berikut ini.

1. Pastikan kembali jika saldo pelatihan sudah tersedia.

2. Bandingkan pelatihan di ketujuh platform digital, yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

3. Pilih pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.