Sukses

Lukisan Milik Pelukis Amerika Latin Ini Digadang Cetak Rekor, akan Dilelang Rp 427,6 Miliar

Sebuah potret diri Frida Kahlo yang juga menampilkan wajah suaminya, Diego Rivera akan dilelang dengan harga fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah potret diri Frida Kahlo yang menampilkan wajah suaminya, Diego Rivera diperkirakan akan terjual lebih dari USD 30 juta (Rp 427,6 miliar) dalam lelang di New York, Amerika Serikat.

Pelelangan tersebut akan digelar rumah lelang Sotheby's di AS.

"Diego y yo" (yang artinya Diego dan saya), dilukis pada tahun 1949, 'siap untuk memecahkan' rekor lelang foto Kahlo sebesar USD 8 juta yang ditetapkan pada tahun 2016, kata Sotheby's dalam pernyataannya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (23/9/2021).

Karya seni tersebut, diprediksi akan menjadi sorotan karena penjualan besarnya pada November mendatang di Sotheby's.

Bahkan nilai lelang luksan ini diharapkan memecahkan rekor untuk lukisan milik seorang seniman Amerika Latin.

Lukisan "Los Rivales," yang merupakan karya tahun 1932 saat ini adalah lukisan paling berharga -- di jual oleh rumah lelang Christie's seharga USD 9,8 juta pada Mei 2018.

Lukisan Los Rivales juga dibuat oleh Rivera.

Sementara itu, lukisan Diego y yo disebut sebagai lambang potret diri Kahlo, yang dikenal karena tatapannya yang intens dan penuh teka-teki yang membuat pelukis Meksiko, sekaligus ikon feminis tersebut terkenal di seluruh dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Mengenai Isi Lukisan Diego y yo

Dalam lukisan itu, wajah Rivera tampak muncul di dahi Frida - di atas alisnya yang khas dan mata gelapnya dengan beberapa tetes air mata.

Penggambaran Rivera, yang pada saat itu dekat dengan aktris Meksiko Maria Felix, sebagai mata ketiga melambangkan sejauh mana dia menyiksa pikirannya, demikian menurut para ahli seni.

Kahlo dan Rivera menikah dua kali.  Kahlo meninggal dunia pada usia 47 tahun pada tahun 1954.

Lukisan "Diego y yo" terakhir dijual di rumah lelang Sotheby's seharga USD 1,4 juta pada tahun 1990.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.