Perhatikan 10 Poin Pesan Penting dari Sederet CEO Startup Bila Ingin Bisnis Sukses

Oleh Liputan6.com pada 29 Sep 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 07:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Business Mobile
Perbesar
Ilustrasi menjalani bisnis lewat ponsel pintar | unsplash.com/@mr_fresh

Liputan6.com, Jakarta Awalnya bisnis dibangun berdasarkan ide dan investasi. Namun, untuk mengembangkan bisnis hingga menjadi sukses diperlukan keterampilan tertentu.

Dunia bisnis selalu memiliki tantangannya tersendiri. Meskipun demikian, banyak CEO yang berhasil meraih kesuksesan karena menerapkan beberapa poin penting dalam hidupnya.

Bagi pemilik bisnis yang ingin mengetahui poin penting tersebut, kesepuluh CEO perusahaan startup ini akan membagikannya, seperti yang dilansir dari Entrepreneur, Rabu (29/9/2021).

1. Jangan Mencari Rencana yang Sempurna - Marcelo de la Garza Clariond

Jangan membuang waktu untuk merencanakan bagaimana cara memulai sebuah bisnis. Carilah pelanggan potensial dan ciptakan produk yang mampu menarik perhatian.

Anda pasti akan mengubah rencana selama menjalankan bisnis. Selanjutnya, cari juga orang-orang yang memiliki pengalaman berbeda dan tertarik dengan bisnis yang sama. Jadi, Anda bisa menambahkan nilai bisnis dengan pengalaman tersebut.

2. Bangun Fondasi yang Memadai - Luis Barrios

Pastikan Anda membangun fondasi yang tepat, terutama dengan partner bisnis. Kesepakatan yang dibentuk harus jelas dalam situasi apa pun di masa mendatang.

Dengan demikian, Anda akan menghindari perselisihan dan waktu-waktu yang buruk.

3. Investasikan Kembali Pendapatan - Ruben Ariff Alatorre Bernal

Investasi sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Keuntungan yang diambil dari bisnis untuk membayar gaji bisa mengurangi tingkat pertumbuhan.

Oleh karena itu, miliki rencana investasi dan ketahui margin yang ditinggalkan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Kelilingi Diri dengan Orang-Orang yang Lebih Tahu dari Anda - Axel Olivella Davalos

Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor
Perbesar
Ilustrasi membuka bisnis. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Kelilingi diri dengan orang-orang yang lebih tahu dari Anda. Jangan kehilangan fokus pada alasan mengapa Anda memulai bisnis.

Pola pikir yang kuat akan berdampak pada perkembangan bisnis di masa mendatang.

5. Sampaikan nilai - Alejandra Jeugmans

Pilih partner bisnis yang sempurna, berinovasi, dan dengarkan pelanggan. Kreativitas dan perbaikan dalam strategi keuangan merupakan bagian penting setiap harinya.

Perlu diingat bahwa bisnis yang sukses tidak harus mencapai investasi yang besar, tetapi bisnis yang mampu memberikan nilai kepada partner, pelanggan, dan karyawannya secara terus-menerus.

6. Jatuh cinta dengan Masalah yang Harus Dipecahkan - Carla Cassanello

Jangan jatuh cinta pada solusi, tetapi jatuh cinta pada masalahnya. Bahkan, ketika Anda baru mulai membangun bisnis, pikirkan hal-hal yang besar.

Buatlah rencana untuk memperbanyak pelanggan, optimalkan sumber daya, dan investasikan di tempat yang tepat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. Kenali Pasar Anda - Miguel Ivan Hernandez Arias

Ilustrasi Bisnis
Perbesar
Ilustrasi Bisnis/Unsplash

Uji ide sebanyak mungkin sesuai dengan target pasar. Semakin sedikit Anda berasumsi dalam rencana bisnis dan semakin banyak Anda bertanya kepada pelanggan, maka kemungkinan besar Anda akan berhasil.

8. Fokus pada Pertumbuhan Industri - Alan Miranda

Fokus pada pertumbuhan industri dan jual solusi sederhana untuk sebuah masalah. Anda harus memiliki tim penjualan yang kuat, kegiatan operasional dan keuangan yang disiplin, serta visi jangka panjang agar bisnis berhasil.

Selain itu, penting untuk memiliki mimpi yang besar dan tetap percaya diri.

9. Cari yang Membedakan Bisnis dari Pesaing - Emmanuel Pérez

Percaya pada impian Anda dan jangan menyerah. Tentukan dengan baik tujuan agar bisa mengembangkan bisnis dan cari perbedaan yang jelas antara bisnis Anda dan bisnis milik pesaing.

10. Ambil Risiko - Maria Elsy Abreu

Jika Anda menginginkan sesuatu, ambillah sebuah tindakan. Mengalami ketakutan adalah sesuatu yang normal, tetapi Anda tidak akan tahu apakah sesuatu akan berhasil atau tidak jika belum mencobanya.

Anda juga harus bersabar. Awalnya mungkin tidak berjalan seperti yang diinginkan. Namun, jika melakukan hal yang benar sebuah hasil akan didapatkan.

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya