Sukses

Segera Beli Pelatihan Pertama Kartu Prakerja Gelombang 18, Ditutup Malam Ini Pukul 23:59 WIB

Setiap penerima Kartu Prakerja harus membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi.

Liputan6.com, Jakarta Penerima Kartu Prakerja Gelombang 18 telah diumumkan sejak Agustus lalu. Segera beli pelatihan pertama karena batas waktu pembelian ditutup hingga Rabu malam (22/9/2021), tepatnya pukul 23:59 WIB.

Batas waktu tersebut disesuaikan dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Diketahui setiap penerima Kartu Prakerja harus membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi.

Melansir dari akun Instagram Prakerja (@prakerja.go.id), Rabu (22/9/2021), apabila penerima tidak membeli pelatihan hingga batas waktu yang ditentukan, program Kartu Prakerja 2021 akan dicabut sehingga penerima tidak akan menerima insentif.

Ada catatan yang harus diperhatikan lebih lanjut. Setelah Kartu Prakerja dicabut atau dinonaktifkan, penerima tidak bisa mengikuti seleksi gelombang di masa mendatang.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Penerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta melalui bentuk kode unik 16 angka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membeli Pelatihan

Pelatihan bisa dibeli melalui tujuh platform digital, seperti Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Beberapa jenis pelatihan yang disediakan, antara lain cara berjualan melalui online, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, fotografi, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan sebagainya.

Setelah menyelesaikan pelatihan pertama, penerima Kartu Prakerja bisa kembali membeli pelatihan yang berbeda pada pelatihan kedua dengan catatan sisa saldo pelatihan masih mencukupi.

Penerima Kartu Prakerja bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk membeli pelatihan pertama.

1. Periksa dashboard untuk melihat kode unik 16 angka (Nomor Kartu Prakerja). Pastikan kembali jika saldo pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di ketujuh platform digital.

3. Kemudian, pilih pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

Penerima Kartu Prakerja diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan dan membeli pelatihan dengan bijak. Pasalnya, penerima hanya bisa mengikuti program Kartu Prakerja sekali seumur hidup.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.