Pentingnya Financial planning Buat Kaum Milennial

Oleh Reza pada 24 Sep 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 09:00 WIB
Ilustrasi financial planning
Perbesar
Ilustrasi financial planning/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi mengajarkan kita bahwa situasi bisa berubah kapan saja dan pentingnya mengelola keuangan atau financial planning tentu tak boleh diabaikan setiap orang, termasuk millennial.

Jangan sampai waktu di masa muda malah menghambur-hamburkan uang dan tidak bisa mengelola keuangan. Alhasil, keinginan membeli rumah, investasi dan nabung nikah akan terhambat.

Untuk itu, mewujudkan rencana masa depan, ada beberapa cara agar untuk menerapkan financial planning.

Membuat daftar

Dalam financial planning, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat daftar tujuan. Seperti yang dijelaskan di atas, mulai dari menikah sampai memiliki rumah.

Dalam daftar rencana ini, kamu bisa memilih, hal mana yang lebih prioritas, jangan pendek, dan jangka panjang.

Menyusun tujuan finansial

Setelah itu, kamu bisa melakukan menyusun tujuan keuangan. Dalam hal ini dilakukan secara spesifik dan terukur.

Sebagai contoh, kamu bisa membagi pendapatan pada setiap pos tujuan, seperti membayar tagihan sampai menabung. Setelah itu, kamu evaluasi tentang alur keuangannya.

Cermati dan atur anggaran secara bija 

Demi mencapai tujuan financial planning, kamu perlu mengalokasikan pendapatan untuk hal - hal diperlukan. Misalnya, kamu bisa alokasikan 10 persen dari pendapatan untuk menabung, 15 persen untuk investasi, sampai 10 persen untuk gaya hidup.

Hindari hal-hal yang bersifat konsumtif

Hindari sering belanja online dan hangout. Jangan lupa juga, tentukan prioritas kebutuhan kamu dengan mengidentifikasi kegiatan sehari-hari kamu terlebih dahulu, hindari membeli barang dengan dasar keinginan bukan kebutuhan.

Hindari Utang

Selanjutnya, hindari utang dengan bunga tinggi. dengan kondisi pandemi yang panjang mengakibatkan adanya ketidakpastian pendapatan.

Dengan demikian kemampuan untuk membayar cicilan hutang berbunga tinggi seperti kartu kredit dan pinjaman online, juga menjadi tidak pasti.

Gunakan bank yang memiliki segudang kemudahan

Dalam perbankan kini memiliki kemudahan agar nasabah bisa mengatur dan mengelola keuangan secara baik, seperti Simpedes BISA.

Produk dari Bank BRI ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk transaksi, menabung, investasi sampai proteksi dalam bentuk mikro yang diakomodir dalam satu produk. Jadi, membuat kebutuhan nasabah dalam financial planning terpenuhi dengan baik.

Untuk fitur menabung, pada Simpedes BISA nasabah bisa mengelola keuangan di tabungan induk untuk bertransaksi dan pada tabungan impian untuk menabung jangka pendek.

Selain itu, Simpedes BISA memiliki fitur investasi yang bisa memudahkan nasabah menginvestasikan jangka panjang di dua pilihan jenis investasi, seperti BRIFINE Umum dan Syariah dengan return lebih tinggi dari tabungan (5-6%) untuk persiapan hari tua dan keperluan lainnya.

Dalam Simpedes BISA juga memiliki proteksi. Dalam proses pembukaan rekening Simpedes BISA, nasabah memiliki akses untuk membeli polis Asuransi Mikro.

Tidak hanya itu, Simpedes BISA juga memiliki fitur lainnya yang bisa memberikan kemudahan nasabah atau kaum milenial mengelola keuangannya.

Mulai dari bebas biaya admin, minimum setoran hanya Rp50 ribu, bebas saldo mengendap, setoran setiap minimum bulanan Impian dan Investasi Rp50 ribu (autodebet) serta difasilitasi kartu ATM.

Tak hanya itu, kamu bisa akses BRIMO yang dapat ditambahkan sampai 3 akun. Lebih mudah kan untuk mengatur keuangan? Yuk, coba Simpedes BISA dan masa mudamu tak akan sia-sia!

 

 

(*)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya