Sukses

Jeff Bezos Hibahkan Rp 14,2 Triliun untuk Tangani Perubahan Iklim

Jeff Bezos akan memberikan dana hibah senilai Rp 14,2 triliun di tahun ini dengan fokus pada upaya konservasi untuk menangani perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos berjanji akan menggelontarkan hibah USD 1 miliar atau kurang lebih Rp 14,2 triliun (esimasi kurs 14.000 per dolar AS) di tahun ini dengan fokus pada upaya konservasi. Gelontoran dana tersebut akan diberikan melalui Bezos Earth Fund.

Lembaga ini dimulai oleh pendiri dan Direktur Amazon tersebut pada 2020, untuk melaksanakan komitmennya senilai USD 10 miliar atau Rp 142,4 triliun dalam memerangi perubahan iklim.

Seperti dikutip dari CNBC, Selasa (21/9/2021), Bezos Earth Fund telah berjanji untuk menyumbangkan sekitar Rp 14,2 triliun per tahun kepada para aktivis, ilmuwan, dan kelompok lain yang bekerja untuk mengatasi krisis iklim dunia, dengan tujuan menghabiskan Rp 142,4 triliun pada tahun 2030.

Mengikuti fokus tahun ini pada konservasi, Bezos Earth Fund di tahun-tahun selanjutnya bermaksud untuk mendukung upaya di sekitar restorasi lanskap dan transportasi sistem pangan.

Putaran terakhir hibah itu akan digunakan untuk "membuat, memperluas, mengelola, dan memantau kawasan lindung dan konservasi," kata Bezos Earth Fund dalam rilisnya.

Bezos Earth Fund berencana untuk membantu Cekungan di Afrika Tengah, Kongo, wilayah tropis Andes dan Samudra Pasifik tropis, yang semuanya merupakan area utama untuk keanekaragaman hayati dan stok karbon, atau jumlah karbon yang tersimpan dalam hal-hal seperti vegetasi, tanah dan lautan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Diketahui Organisasi Mana yang Akan Terima Hibah Bezos Earth Fund

"Dunia alami tidak lebih baik hari ini daripada 500 tahun yang lalu, ketika kami menikmati hutan yang masih alami, sungai yang bersih, dan udara murni dari zaman pra-industri," kata Bezos dalam sebuah pernyataan.

"Kita bisa dan harus membalikkan anomali ini," ujarnya.

Sementara itu, belum diketahui organisasi mana yang akan menerima hibah tersebut.

Namun, hibah itu akan diprioritaskan di area di mana komunitas lokal dan masyarakat adat menjadi fokus utama program konservasi, di antara pertimbangan lainnya, kata Bezos Earth Fund.

Awal bulan ini, Bezos Earth Fun dikatakan akan memberikan USD 203,7 juta pada akhir tahun untuk organisasi yang memajukan keadilan iklim, di antara penyebab lainnya.

Dana tersebut dikeluarkan setelah memberikan hibah USD 791 juta 2020 lalu kepada 16 organisasi, termasuk World Wildlife Fund, Natural Resources Defense Council dan Nature Conservancy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.