PPKM Diperpanjang, Pemerintah Perketat Pintu Masuk Indonesia

Oleh Tira Santia pada 20 Sep 2021, 17:48 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 17:53 WIB
FOTO: Bandara Soetta Setop Penerbangan Penumpang Mulai Hari Ini
Perbesar
Calon penumpang menjalani pegecekan suhu tubuh saat berada di Terminal 2F Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Pemerintah menghentikan sementara penerbangan komersil baik dalam maupun luar negeri untuk mencegah penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut mengatakan situasi pandemi covid-19 di Indonesia sudah terkendali. Meski demikan, pemerintah kembali memperpanjang PPKM.

Namun untuk mencegah virus covid-19 varian MU dan Lamda ke Indonesia, Pemerintah akan membatasi pintu masuk perjalanan internasional.

“Salah satu risiko berasal dari luar negeri terutama melihat kasus tingginya covid-19 di negara-negara tetangga kita tidak juga ingin kecolongan luasnya varian baru seperti MU dan lamda masuk ke Indonesia,” kata Luhut dalam konferensi pers PPKM, Senin (20/9/2021).

Oleh karena itu untuk mencegah varian covid-19 baru, pemerintah akan membatasi pintu masuk perjalanan internasional ke Indonesia dan memperketat proses karantina bagi warga negara asing maupun Indonesia yang datang dari luar negeri.

“Khusus untuk pintu masuk udara hanya dibuka di Jakarta dan Manado. Untuk laut hanya di Batam dan Tanjung pinang. Untuk  jalur darat hanya dibuka di Aruk Entikong, Nunukan dan Montaain,” ujarnya.

Pembatasan pintu masuk itu merupakan sebagai salah satu upaya belajar dari pengalaman yang lalu ketika varian Delta tak sempat dicegah masuk ke Indonesia.  

“Ini kita belajar dari peristiwa yang lalu dimana Kita juga melakukan mungkin kesalahan kita tidak ingin mengulangi kesalahan itu lagi,” imbuhnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Karantina

FOTO: Suasana Bandara Soetta Pasca Larangan Mudik Dicabut
Perbesar
Sejumlah penumpang pesawat berjalan keluar dari Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/5/2021). Berdasarkan data pengelola Bandara Soekarno Hatta pada hari pertama ascalarangan mudik, tercatat ada 76.942 pergerakan penumpang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Disamping itu, Pemerintah juga menerapkan proses karantina  secara ketat tanpa terkecuali kepada WNA maupun WNI yang datang dari luar negeri, dengan maksimal waktu karantina 8 hari dan melakukan PCR sebanyak 3 kali.

“Selain itu pemerintah meningkatkan kapasitas karantina dan testing terutama di pintu masuk darat, TNI dan Polri akan ditugaskan untuk melakukan peningkatan pengawasan di jalur jalur tikus baik darat maupun laut yang jumlahnya bisa beberapa ratus,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya