Kasus Covid-19 Negara Tetangga Naik, Menko Luhut Minta Masyarakat Waspada

Oleh Tira Santia pada 20 Sep 2021, 17:36 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 17:47 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan Konferensi Pers Perkembangan PPKM pada Senin (20/9/2021).
Perbesar
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan Konferensi Pers Perkembangan PPKM pada Senin (20/9/2021).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut mengatakan saat ini tidak ada lagi Kabupaten/kota yang berada di PPKM level 4 di Jawa-Bali, melainkan kini semua Kabupaten/kota berada di PPKM level 3 dan 2.

“Saya sampaikan bahwa saat ini tidak lagi Kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa-Balu, jadi semua pada level 3 dan 2. Berbagai capaian tersebut tentu harus kita syukuri,” kata Luhut dalam Konferensi Pers PPKM, Senin (20/9/2021).

Kendati demikian, Luhut menegaskan berdasarkan arahan Presiden dalam rapat tadi pagi mengingatkan agar semua orang tetap waspada dan hati-hati, karena banyak negara lain yang kasus covid-19 nya melonjak kembali dengan cepat.

“Nah ini yang harus kita waspadai risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu,” ujarnya.

Kata Luhut, saat ini situasi pandemi covid 19 terus mengalami perbaikan dan terkendali. Hal itu terbukti dari konfirmasi kasus covid-19 per hari ini tercatat 1.932 kasus, sembuh 6.799 orang, meninggal 166 orang.

“Dan testing 150.000 sekian, jadi saya katakan bahwa angka ini kerja keras semua tim Saya kira membuahkan hasil yang cukup menggiring, tetapi tetap presiden mengingatkan kami untuk tidak semua sumber waspada menghadapi ini karena tidak mungkin tidak mungkin gelombang ke-3,” katanya.

Selain itu, kata Luhut kasus aktif secara nasional juga sudah kurang dari 60.000 tepatnya 57.000 kasus, dan juga kasus harian turun hingga 98 persen dari titik puncaknya 15 Juli yang lalu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 4 Oktober, Tak Ada Lagi Daerah Level 4

3 Menteri yakni Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkes Budi Gunadi Sadikin melakukan Konferensi Pers Perkembangan PPKM pada Senin (20/9/2021).
Perbesar
3 Menteri yakni Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkes Budi Gunadi Sadikin melakukan Konferensi Pers Perkembangan PPKM pada Senin (20/9/2021).

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa Bali mulai 21 sampai 4 Oktober 2021. Hal ini lantaran situasi Covid-19 di Jawa-Bali mulai membaik.

"Dalam arahan yang diberikan oleh Presiden dalam Rapat Terbatas hari ini diputuskan bahwa dengan melihat perkembangan yang ada, maka perubahan PPKM Level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Kendati begitu, kata dia, evaluasi PPKM level 2-4 di Jawa dan Bali tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat. Luhut menyampaikan saat ini sudah tidak ada lagi wilayah di Jawa-Bali yang masuk kategori PPKM level 4.

"Dengan berbagai perbaikan tersebut, Saya bisa sampaikan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten kota yang berada di level 4 di Jawa Bali" jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya