Ingin Penghasilan Tambahan? Simak 4 Tips Jitu Mulai Pekerjaan Sampingan

Oleh Liputan6.com pada 22 Sep 2021, 05:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 05:00 WIB
Ilustrasi pria sukses
Perbesar
Ilustrasi pekerjaan sampingan. (Photo by bruce mars on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan sampingan menjadi jalan yang tepat bagi yang ingin mencari penghasilan tambahan. Namun, memulai pekerjaan sampingan memiliki tantangan tersendiri karena Anda masih harus fokus kepada pekerjaan utama.

Seorang pekerja di Amerika, Jennifer Shealey mengaku memiliki dua pekerjaan paruh waktu (part time) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, ia juga harus menjalankan pekerjaan sampingannya dengan menawarkan layanan pemasaran digital di Fiverr, sebuah marketplace yang menyediakan jasa freelance.

Melansir dari CNBC, Rabu (22/9/2021), Shealey berkata, “Pada dasarnya, saya menghasilkan lebih banyak di Fiverr dibandingkan dengan dua pekerjaan lainnya."

Sejak bergabung dengan Fiverr pada 2014, Shealey sudah memiliki pendapatan lebih dari USD 366 ribu (Rp 5,2 miliar).

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat pekerjaan sampingan, berikut empat tips jitu untuk memulai pekerjaan sampingan yang sukses sambil menjalankan pekerjaan penuh waktu (full time).

1. Cari Tahu yang Disukai dan Segera Mulai

Sebelum memulai pekerjaan sampingannya pada 2014, Shealey harus menjalani pekerjaan yang tidak disukai. Hal tersebut membuatnya sadar akan pentingnya tetap setia pada passion dan tujuan.

Setelah menemukan passion, segera mulai passion tersebut. Jangan terlalu memikirkan hal-hal lainnya.

"Saya pikir itulah yang menghambat seseorang, terutama karena kita terus-menerus menggunakan media sosial dan mencari kesempurnaan. Anda tidak membutuhkan kesempurnaan. Anda hanya butuh hati dan visi,” jelas Shealey.

2. Pertimbangkan Platform untuk Freelancer

Anda bisa menganalisis platform freelancer, seperti Fiverr atau Upwork. Kedua platform tersebut akan membantu Anda untuk menemukan pelanggan dan membangun bisnis.

Richard Lambert yang menghasilkan jutaan dolar di Fiverr pada 2014 juga beralih ke platform freelancer meskipun sudah memiliki koneksi pelanggan dari pekerjaan utamanya sebagai guru.

“Saat bekerja sendiri, Anda menyadari betapa sulitnya membangun bisnis."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Tentukan Jadwal

5 Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran
Perbesar
Ilustrasi menulis jadwal hari pertama kerja dan beberapa minggu kedepan,

Anda harus menetapkan jadwal dan mematuhinya. Tips ini akan sulit untuk pekerja penuh waktu, tetapi bisa membantu untuk mengembangkan pekerjaan sampingan.

Shealey menggunakan semua waktu kosongnya, termasuk malam hari setelah bekerja dan di akhir pekan untuk pekerjaan sampingan.

“Saya berkorban agar tidak pergi ke pesta. Saya mengatakan tidak untuk banyak hal karena ingin fokus pada Fiverr.”

Konsistensi yang dimiliki Shealey dan Lambert bisa menumbuhkan jumlah pelanggan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. 

4. Fleksibel dengan Harga

Anda harus fleksibel dengan harga. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, Anda juga bisa menaikkan harga yang sesuai secara perlahan.

Ketika mulai menawarkan layanan pemasaran di Fiverr, Shealey mendesain iklan Facebook untuk pelanggannya dengan harga rendah sebesar USD 5 (Rp 71 ribu).

Seiring waktu, Shealey mengubah harga jasa. Saat ini, harga yang dipatok berkisar antara USD 20 (Rp 284 ribu) hingga USD 125 (Rp 1,7 juta), tergantung pada jenis iklan dan berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Kesabaran sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

“Saya tidak akan menyerah begitu saja. Saya tidak melihat keuntungan besar dalam tiga tahun pertama dan sibuk bekerja paruh waktu, tetapi saya tidak akan berkecil hati.”

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya