Sukses

Akui Sempat Ada Masalah Teknis, BKN Pastikan Tes SKD CPNS 2021 Berjalan Lancar

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau Tes SKD CPNS 2021 di sejumlah Titik Lokasi (Tilok) pada Sabtu pagi, 18 September 2021 sempat mengalami kendala teknis pada server cloud. Ini menyebabkan pelaksanaan SKD CPNS 2021 sempat tertunda selama beberapa waktu.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan jika menindaklanjuti kendala tersebut, Tim Teknis CAT BKN Pusat secara sigap mengambil tindakan perbaikan. Dengan melakukan optimasi pada sistem sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar kembali.

"Penanganan teknis dapat dilakukan dengan cepat berkat kerja sama dari Panitia di Tilok, baik dari Tim CAT dan Panitia Instansi yang melaporkan terjadinya kendala teknis yang menyebabkan kegiatan sempat terganggu, seperti proses registrasi PIN peserta," jelas dia dalam keterangannya, Sabtu (18/9/2021).

Dari laporan tersebut, Tim BKN Pusat langsung mengidentifikasi untuk mengambil langkah perbaikan Dari proses identifikasi dan penanganan itu, pelaksanaan SKD berangsur-angsur terlaksana kembali, dimulai dari Tilok Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Di samping itu, Tim Teknis BKN tetap siaga untuk mengantisipasi permasalahan teknis yang sama. "Untuk pelaksanaan seleksi hari ini, Panitia CAT BKN terus berkoordinasi dengan panitia seleksi dari pihak instansi penyelenggara rekrutmen agar pelaksanaan seleksi hari ini masih sesuai dari jadwal yang sudah ditetapkan," dia menandaskan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes SKD CPNS 2021 Banyak Keluhan, Jaringan Bermasalah?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan sesi ice breaking di sela-sela tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2021.

Hal itu dilakukan di salah satu titik lokasi (tilok) pelaksanaan SKD CPNS yang berlokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dalam sebuah video yang diunggah akun Twitter resmi @BKNgoid, tampak seluruh peserta di tilok tersebut melakukan senam pinguin sebelum melaksanakan tes ujian.

"Sabtu (19/9/2021) panitia pelaksana seleksi di tilok Gd. Balai Serba Guna Kab. Jember mengajak 200 peserta seleksi SKD CPNS 2021 senam pinguin dahulu sebelum menghadapi soal2 SKD 2021," tulis BKN.

Unggahan tersebut mendapat sejumlah respon dari para netizen. Beberapa diantaranya mengeluhkan, pelaksanaan ujian berbasis sistem komputer atau Computer Assisted Test (CAT) SKD CPNS 2021 terganggu akibat kendala jaringan.

"Kemarin hri jumat yg ujian di tilok unimed, medanm Mati lampu, jaringan lelet ga di post min? Seisi ruangan panik tuh," tulis akun Twitter @rickyandreass_.

"Kami tegangnya sama jaringan bukan sama soal. sering sekali sudah down," ujar akun Twitter @maulyhm94.

Menurut pantauan Liputan6.com, kendala jaringan memang terjadi di beberapa titik lokasi tes SKD CPNS 2021. Salah satunya di Kantor Regional (Kanreg) I BKN Yogyakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.