Sukses

Pengelolaan SDM Terencana dengan Baik, Pelindo III Raih Penghargaan di Human Capital Award 2021

Pelindo III dinilai layak untuk menerima penghargaan Platinum Award The Best of IHCA of The Year 2021 kategori Non Finance SOE’s Company.

Liputan6.com, Surabaya Komitmen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan berbuah manis seiring datangnya penghargaan pada ajang Human Capital Award 2021.

Pelindo III dinilai layak untuk menerima penghargaan Platinum Award The Best of IHCA of The Year 2021 kategori Non Finance SOE’s Company. Beberapa hal yang menjadi keunggulan Pelindo III adalah bahwa perseroan sudah memiliki perencanaan strategis dalam pengelolaan SDM.

Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto menyebut terdapat beberapa aspek dalam pengelolaan SDM di Pelindo III yakni manajemen talenta dan karir, perencanaan tenaga kerja, penyiapan dan strategi rekrutmen pegawai. Selanjutnya penggunaan teknologi informasi, pembelajaran dan pengembangan pegawai.

“Kami juga menanamkan budaya perusahaan kepada anggota organisasi serta mengukur kinerja setiap pegawai untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan,” kata Edi, Jumat (17/09).

Lebih lanjut, Pelindo III menempatkan SDM atau pegawai perusahaan sebagai aset utama untuk mencapai tujuan perusahaan. Selanjutnya, para pimpinan dan pejabat perusahaan dituntut untuk memberikan keteladanan bagi setiap anggota organisasi di unit kerja masing-masing.

“Pegawai akan mencontoh siapa yang menjadi pimpinan atau atasannya, sehingga perlu dipastikan bahwa para pejabat perusahaan memiliki kompetensi dan bijak dalam memimpin organisasi,” lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kriteria Penilaian

Ketua Dewan Juri Human Capital Award 2021 Stefanus M.S. Sadana mengatakan pihaknya melakukan penilaian terhadap para peserta dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Para peserta juga diminta untuk melakukan presentasi dihadapan dewan juri yang memuat sedikitnya 11 hal meliputi Business Impact, Human Capital Blue Print/Strategic Map, Talent Management & Organizational Capabilities.

Selanjutnya Manpower Planning, Sourcing & Recruitment Strategy, HRIS & Technology, Learning & Development, Corporate Culture, Employee Engagement, Performance Management, CSR or Employee Contribution to Community Human Capital Director’s roles & significant achievement.

"Salah satu tujuan penyelenggaraan Human Capital Award 2021 adalah untuk mendorong dan memotivasi praktik pengembangan sumber daya manusia di Indonesia guna meningkatkan produktivitas, daya saing, dan human capital index secara global, dan kita lihat para perusahaan besar di Indonesia memang melakukan praktek-praktek pengelolaan SDM global,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Budi Hartawan mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif pasca pandemi, Indonesia diprediksi akan masuk dalam kategori 7 besar kekuatan ekonomi dunia tahun 2030 berdasarkan riset dari economist Intelligence Unit.

Momen tersebut harus dipersiapkan dengan baik dengan penyiapan talenta dan SDM unggul dan perusahaan memiliki peran besar dalam penyiapan talenta tersebut.

“Tahun 2030 diprediksi akan menjadi titik balik pertumbuhan ekonomi Indonesia, jika hal itu terjadi sedikitnya dibutuhkan 113 juta talenta terampil, dengan bonus demografi yang melimpah perlu sebuah strategi penyiapan talenta-talenta handal khususnya perusahaan sebagai tempat pengembangan talenta,” katanya.

3 dari 3 halaman

The Best Indonesia Human Capital Director 2021

Selain ditetapkan layak menerima penghargaan Platinum Award The Best of IHCA of The Year 2021 kategori Non Finance SOE’s Company, Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto juga ditetapkan sebagai The Best Indonesia Human Capital Director 2021.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini