Hikmah Pandemi, Mantan Traveler Blogger Raup Ratusan Juta dari Tanaman Hias

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 17 Sep 2021, 20:30 WIB
10 Tanaman Cantik yang Mudah untuk Ditanam di Rumah
Perbesar
Hias rumahmu dengan tanaman cantik yang mudah untuk ditanam di rumah (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Travel Blogger Asoka Remadja berhasil meraup untung ratusan juta dari berjualan tanaman hias di tengah pandemi Covid-19. Dia mengaku, pernah menjual tanaman hias sampai lebih dari tiga ratus juta hanya untuk satu tanaman.

"Waktu itu beli tanaman namanya Spiritus Sancti yang modalnya hanya Rp 125 juta, itu cuman 2 daun kecil, bayangin. Tapi, setelah jadi 5 sampai 6daun di beli sama orang harganya R p325 juta. Jadi, dalam waktu dua bulan setengah itu meraup untung hampir Rp 200 juta itu lumayan banget kan," jelasnya dalam webinar Allianz Indonesia, Jumat (17/9).

Pergumulannya dengan tanaman hias dimulai dari akhir 2019 lalu. Asoka menuturkan, awalnya dia tidak sama sekali terfikirkan untuk beralih profesi dari Travel Blogger menjadi seorang penjual tanaman hias.

Namun, akibat pandemi Covid-19 membuat dia terpaksa banting setir untuk mencoba peruntungan di bisnis tanaman yang tengah naik daun.

"Saya dulu dari 2014 sampai 2019 dikenal sebagai seorang Travel Blogger. Nah, begitu memasuki 2019 menuju 2020 masuk lah tuh pandemi, awalnya enggak pernah jualan tanaman dan ga pernah terfikir bisnis jualan tanaman ataupun serum tanaman," bebernya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berbagi Tips

Tanaman Hias
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias (unsplash.com/Margarita Terekhova)

Asoka pun membagi tips sederhana bagi siapa pun yang berniat menggeluti bisnis tanaman hias supaya memaksimalkan media sosial yang dimiliki. Misalnya memanfaatkan media sosial seperti facebook maupun Instagram yang mempunyai jangkauan pasar lebih luas.

"Seperti bisa manfaatkan fitur insta stories di instagram sebagai sarana promosi. Saya sering mendapatkan penawaran dari insta stories," terangnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya