Sukses

Nasib Investasi Tesla Ada di Tangan Menko Luhut

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, buka suara soal rencana investasi Tesla masuk ke industri baterai mobil listrik di Indonesia yang belum jelas juntrungannya.

Bahlil mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui perkembangan terbaru terkait rencana investasi dari raksasa otomotif dan teknologi dunia tersebut.

Menurut dia, rencana investasi Tesla di Tanah Air saat ini ditangani oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dibawah komando Luhut Binsar Panjaitan.

"Soal Tesla ini kebetulan ditangani langsung oleh tim yang ada di Kemenko Marinves," kata Bahlil dalam sesi teleconference, Jumat (17/9/2021).

Meski Kementerian Investasi/BKPM turut mengurusi rencana investasi Tesla, Bahlil menilai Luhut dan Kemenko Marinves punya jawaban yang lebih terkini.

"Kami juga tahu (rencana investasi Tesla), tapi tidak up to date. Lebih detailnya Kemenko (Marinves) yang lebih tahu perkembangan kekinian," ujarnya.

Sebelumnya, Bahlil mengaku tak ingin putus asa pasca Tesla dikabarkan lebih memilih India untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik. Dia pun optimistis jika pemerintah mampu menarik Tesla ke dalam negeri.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rayu LG

Dia lantas menceritakan pengalamannya merayu LG Energy Group untuk bisa berinvestasi membangun pabrik baterai mobil listrik pertama di Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Rabu (15/9/2021) lalu.

"Jadi kalau orang dalam bernegosiasi bisnis, deal-dealan, itu biasa lah pasang surut itu. Dunia belum berakhir, jangan pesimis," seru Bahlil.

"Barang ini masih jalan terus. Sama dengan saya melakukan negosiasi dengan LG, itu kan pasang surutnya tinggi juga. Satu tahun lebih baru clear," ujar dia.

Oleh karenanya, ia pun meminta support agar Tesla pada akhirnya bisa berinvestasi dalam membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia. Khususnya setelah Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) berhasil diimplementasikan.

"Jadi doakan saja lah yang terbaik. Dan saya yakinkan bahwa Insya Allah dengan Undang-Undang Cipta Kerja ini akan melahirkan iklim yang lebih baik bagi pengembangan usaha kita dan kemudian membangun persepsi positif," ungkap Bahlil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.
    Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.

    Menko Luhut

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Tesla