Simak Cara Miliarder Berusia 25 Tahun Ini Memupuk Pundi-Pundi Uang

Oleh Liputan6.com pada 19 Sep 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 19 Sep 2021, 21:00 WIB
Todd Baldwin, Jutawan Milenial yang Menolak Menghabiskan Pendapatannya pada 2 Hal
Perbesar
Bagaimana Todd Baldwin mengelola keuangannya sebagai jutawan milenial

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang mungkin akan langsung berbelanja jika memiliki uang puluhan miliar di rekening. Namun, berbeda dengan prinsip yang dimiliki miliarder muda bernama Todd Baldwin yang memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 1 juta atau Rp 14,2 miliar saat masih 25 tahun.

Baldwin memperoleh kekayaannya dari penyewaan properti, penjualan asuransi komersial, dan perannya sebagai pembeli rahasia (secret shopper). Penyewaan properti masih menjadi sumber pendapatan terbesarnya.

Ia dan istrinya, Angela memiliki enam properti yang disewakan dan bisa menghasilkan USD 460 ribu atau Rp 6,5 miliar per tahun. Setelah membayar pajak, hipotek, hingga asuransi, uang yang bisa disimpan sebesar USD 150 ribu atau Rp 2,1 miliar per tahun.

Melansir dari CNBC, Minggu (19/9/2021), Baldwin dan Angela sangat hemat. Bahkan, 80 persen dari total pendapatannya bisa disimpan kembali.

Ia menolak menghabiskan uangnya untuk dua hal. Baldwin tidak akan mengeluarkan uang untuk mendapatkan hiburan, seperti makan di restoran dan menonton film.

Baldwin adalah seorang secret shopper. Jadi, ia akan mendapatkan uang saat menikmati makanan, berbelanja bahan makanan, menonton film, hingga mengunjungi hotel dan kasino.

“Ada banyak bisnis di luar sana yang ingin tahu bagaimana kinerja karyawan dan respons pasar terhadap produk mereka. Jadi, perusahaan-perusahaan itu akan menyewa perusahaan secret shopper seperti saya untuk menyamar sebagai pelanggan, membeli produk atau layanan, dan melaporkannya kembali,” jelas Baldwin.

Umumnya, secret shopper bertugas untuk memberikan feedback terkait pengalamannya mengunjungi sebuah tempat. Dengan demikian, pemilik bisnis bisa mengadakan evaluasi untuk meningkatkan performanya.

Sejak menjadi mahasiswa, Baldwin sudah menghasilkan pendapatan sebesar USD 30 ribu (Rp 427 juta) dari secret shopper. Survei yang harus diisi setelah menyelesaikan perannya tidak membutuhkan waktu lama. Alasan ini yang mendasari Baldwin sulit untuk mengeluarkan uang di bar atau restoran.

Berkat pekerjaannya tersebut, pasangan suami istri itu hanya menghabiskan sekitar USD 25 (Rp 356 ribu) selama sebulan untuk membeli makanan.

Selanjutnya, Baldwin tidak ingin menghabiskan uangnya untuk membayar rekening bank atau kartu kredit yang tidak dibutuhkan. Ia memiliki 13 kartu kredit, tetapi selalu membayar tagihannya tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Suka Menabung

ilustrasi menabung
Perbesar
ilustrasi menabung (sumber: freepik)

Kebiasaan menabung sudah diterapkan oleh Baldwin sejak berusia 12 tahun. Diketahui ia hanya tinggal bersama ibunya.

Baldwin sempat bercerita bahwa ia dan Angela pernah berpikir ingin membeli mobil SUV. Ketika melihat harga SUV sebesar USD 60 ribu atau Rp 855 juta, mereka memutuskan untuk mengalihkan uang ke tempat lain.

“Kami mengambil USD 60 ribu (Rp 855 juta) dan membeli properti sewaan lainnya. Sekarang arus kas properti itu adalah USD 4 ribu (Rp 57 juta) per bulan.”

Alhasil, pendapatan dari properti berhasil membawa Baldwin kepada empat mobil SUV yang dibelinya.

Satu-satunya hal yang disukai oleh Baldwin adalah membelikan barang untuk istrinya. Ternyata, Angela memiliki gaya hidup yang lebih hemat dibandingkan Baldwin.

“Beberapa tahun lalu, saya membelikannya tas desainer seharga USD 500 (7,1 juta). Ketika saya mengejutkannya dengan tas itu, dia segera mengambilnya kembali dan menukarnya dengan dompet seharga USD 60 (Rp 855 ribu). Kemudian, kami menginvestasikan sisa uangnya,” tutup Baldwin.  

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya