Sukses

Wamendag: Milenial Harus Punya Jiwa Enterpreneur

Wamendag menyebutkan jiwa enterpreneur generasi milenial harus terus ditingkatkan

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan bahwa milenial san Gen Z harus punya jiwa enterpreneur. Hal ini disampaikan Wamendag di depan millenial Forum Komunikasi Putra Putri TNI (FKPPI). Menurut Jerry dunia bergerak dengan cepat dan harus disikapi dengan sikap yang tepat.

"Perubahan terjadi cepat sekali. Pasti akan memunculkan tantangan-tantangan baru. Dan setiap tantangan pasti akan menciptakan peluang baru juga. Nah, hanya millenial yang berjiwa enterpreneur yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang itu," tegas Wamendag dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Teknologi-teknologi baru tercipta sehingga pekerjaan-pekerjaan lama mulai digantikan oleh mesin bahkan robot. Sementara teknologi informasi makin terintegrasi dengan kehidupan manusia.

Menurut Wamendag itu menuntut perubahan paradigma dan mindset manusia agar bersikap sesuai dengan keadaan yang ada.

Wamendag sendiri mengaku senang dengan semangat generasi muda yang makin banyak yang berjiwa entrepreneur.

"Saya sudah berkeliling Indonesia. Dari situ saya temukan bahwa jiwa dan semangat entrepreneur anak muda luar biasa. Ada yang berkecimpung di dunia teknologi, entertainment hingga pertanian, perkebunan, kemaritiman dan lain-lain," tambah Jerry.

Besarnya jiwa entrepreneur anak muda ini sangat menguntungkan Indonesia. Dari sisi perdagangan banyak anak muda yang sudah menjadi pelaku bahkan hingga ekspor. Yang lebih mengagumkan, kata Jerry, banyak anak muda yang menciptakan produk-produk baru yang belum ada sebelumnya di Indonesia.

"Termasuk di bidang teknologi informasi dan digital. Mereka banyak yang bikin aplikasi, alat simulasi hingga game online dan bahkan kripto," tegasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Kreativitas

Kreatifitas ini menurut Jerry akan berdampak pada dua hal: pertama, ini akan meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Hal ini karena teknologi yang diciptakan anak muda bukan hanya memperkaya produk tetapi meningjatkan efisiensi produksi. Kedua, ini akan mendorong transformasi ekonomi Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yaitu menuju ekonomi dan industri 4.0 atau bahkan 5.0. Nah ini ternyata yang ada di garda depannya anak muda," kata Wamendag.

Karena Itu Wamendag mengaku sangat bangga dengan anak muda Indonesia. Anak muda terbukti bisa bukan hanya menjadi agen perubahan tetapi menciptakan perubahan itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.