Sukses

Ingin Cepat Kaya? Simak 5 Tips Pilih Penasehat Investasi

5 tips untuk Anda yang ingin melakukan investasi sebagai pemula.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pemula yang ingin melakukan investasi, biasanya membutuhkan pemandu yang biasanya disebut sebagai supervisor investasi. Sayangnya, tidak selalu orang memiliki penasehat yang sesuai akibat ketidakpahaman penggunaan bahasa.

Berbagai istilah di dunia perinvestasian mungkin membingungkan beberapa orang, khususnya saat membahas strategi melakukan investasi. Beberapa hambatan yang terjadi mengakibatkan orang tidak benar-benar memahami keputusan apa yang akan diambil.

Apalagi dalam mengelola keuangan yang berkaitan dengan aset jangka panjang. Investasi bukanlah suatu pekerjaan yang hanya memantau pergerakan grafik di depan layar demi meraup keuntungan.

Seperti yang diketahui, kegiatan investasi tersebut punya dampak finansial yang cukup signifikan di masa depan. Melansir dari Forbes, Minggu (19/9/2021), ada 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengenali siapa penasehat investasi Anda.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari dan Kenali

Ada empat pendekatan umum yang masing-masing poin memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Perbedaannya terletak pada cara yang berbeda untuk mengubah dan mengurangi risiko.

1. Kapitalisasi Pasar

Pendekatan ini biasanya berinvestasi dalam aset dengan kapitalisasi pasar terbesar. Umumnya dihitung sebagai jumlah saham beredar perusahaan dikalikan dengan harga saat ini di satu saham.

Alokasi aset sebagian  besar merupakan persentase saham dan obligasi berdasarkan selera risiko Anda, bisa 80 persen saham atau 20 persen obligasi untuk Anda yang lebih muda dan bisa menanggung risiko cukup besar. 

Namun, jika Anda ingin pensiun dan menjaga uang modal, bisa mencoba 60 persen saham atau 40 persen obligasi. Apabila Anda membutuhkan semua aset dalam waktu kurang dari lima tahun, katakanlah untuk uang muka pembelian rumah, maka Anda akan terlihat lebih konservatif dalam portofolio.

Strategi ini lebih sering digambarkan sebagai investasi indeks. Cara paling sederhana untuk berinvestasi menggunakan pendekatan kapitalisasi pasar adalah melalui reksa dana pelacakan indeks dan dana yang diperdagangkan di bursa.

Akibatnya, dalam jangka panjang, portofolio tumbuh konsisten dengan campuran pasar saham dan obligasi yang Anda adopsi dalam portofolio karena Anda cenderung membayar lebih sedikit.

Dengan pendekatan ini, investor sering mengalami efek penuh dari tertinggi pasar. Pendekatan ini sering mengarahkan pembelian ke perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar dan penjualan obligasi.

 

 

3 dari 4 halaman

2. Ubah Gaya Hidup

Gaya yang dimaksud adalah gaya hidup imunisasi. Maksudnya, melestarikan modal Anda sehingga Anda dapat terus menjalani hidup Anda seperti yang Anda nikmati selama mungkin.

Hal ini dapat dilakukan dengan berasal dari dana pensiun untuk mencocokan arus kas yang  Anda terima dari investasi saat perlu untuk dibelanjakan.

Pendekatan imunisasi gaya hidup sering digunakan oleh investor yang memiliki lebih banyak sumber daya keuangan daripada yang mereka butuhkan untuk mendanai tujuan prioritas tertinggi mereka.

Oleh karena itu, penerapan ini tidak memiliki tekanan untuk mengoptimalkan hasil investasi. Portofolio imunisasi gaya hidup biasanya akan ditimbang ke arah pengembalian obligasi yang lebih stabil dan mengalami pertumbuhan yang lebih sedikit karena alokasi yang lebih rendah untuk saham.

3. Risk Parity

Risk parity berusaha untuk mempertahankan alokasi risiko yang seimbang di seluruh portofolio dan menghasilkan pengembalian yang lebih tahan terhadap berbagai kondisi ekonomi yang berubah.

Umumnya,  diterapkan ke dalam tiga hingga empat aset, seperti saham, obligasi, mata uang, dan aset inflasi (komoditas). Selain itu, manajer akan menggunakan leverage (utang) untuk mengelola tingkat risiko portofolio secara keseluruhan.

Alokasi aset yang cocok untuk portofolio ini adalah 60 persen saham dengan 40 persen obligasi atau 16 persen saham, 62 persen obligasi, dan 22 persen saham. Investor yang ingin mengurangi eksposur terhadap volatilitas ekuitas paling tertarik dengan pendekatan ini.

Investor yang menerapkan ini berfokus pada peningkatan risiko dari semua kelas aset. Hal ini nantinya akan membantu meredam risiko pasar ekuitas dan telah bekerja dengan baik selama pasar bull obligasi dengan penurunan suku bunga.

Namun, ada kekhawatiran tentang bagaimana kinerja pendekatan ini jika ada kenaikan suku bunga jangka panjang yang berkelanjutan.

 

 

4 dari 4 halaman

4. Tolok Ukur Investasi

Poin ini bersifat jangka panjang dengan pendekatan investasi aktif. Tujuannya untuk mengungguli tolok ukur pasif dari waktu ke waktu. 

Di sini, manajer investasi berfokus pada ‘beli rendah dan jual tinggi’ dengan memilih membeli investasi saat harganya mendekati atau lebih rendah dari nilai wajar bawaannya, lalu menjualnya lagi saat harganya lebih mahal.

Ini berarti Anda membeli saham ketika harganya murah di berbagai rasio, seperti harga terhadap pendapatan, harga terhadap penjualan, harga terhadap buku, dan faktor lainnya.

Metode ini membutuhkan lebih banyak penelitian dan analisis untuk dapat memahami betapa relatif murah atau mahalnya berbagai investasi pada waktu tertentu. Tak hanya itu, kesabaran juga dibutuhkan agar dapat menurunkan indeks benchmark selama pasar bull (naik dalam jangka waktu lama) secara ekstrem. 

Namun, pendekatan berbasis penilaian juga mengurangi kerugian tajam selama pasar turun, memungkinkan Anda untuk tetap berinvestasi melalui siklus pasar penuh. 

Dalam jangka panjang, laporan menunjukkan investasi yang didorong oleh penilaian mengungguli indeks karena emosi investor sehingga pasar memberi harga yang terlalu tinggi pada perusahaan populer.

5. Samakan Tujuan Investasi Anda

Pendekatan portofolio yang Anda adopsi harus memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan Anda sementara Anda tetap nyaman berinvestasi melalui periode volatilitas pasar.

Yang terpenting, penasihat harus menjelaskan dengan jelas filosofi/makna dan orientasi strategi mereka secara keseluruhan dan bagaimana mereka akan menerapkannya pada portofolio Anda.

Jangan takut bertanya dan mencoba. Jika ada metodologi yang diterapkan terasa tidak nyaman, diskusikan hal tersebut untuk mencari jalan tengah. Apabila tidak menemukan titik tengah, mungkin bisa jadi pertimbangan untuk mengganti penasehat Anda.

Masih ada banyak manajer investasi yang dapat membuat Anda merasa aman, nyaman, dan percaya diri tentang bagaimana Anda memutuskan pilihan mengelola keuangan.

 

Reporter: Caroline Saskia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini