Sukses

Sederet Keberhasilan Pameran Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur 2021 untuk UMKM, Kamu Pasti Ikutan Bangga!

Karya atau produk tersebut berasal dari berbagai bidang industri seperti Home Decor & Craft, Accessories & Beauty, Fashion, Food & Beverages. Ratusan UMKM di Jawa Timur tersebut tergabung dalam virtual expo melalui situs lokalkerenjatim.id.

Liputan6.com, Jakarta Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sudah digaungkan Presiden Jokowi sejak 2020. Gerakan tersebut juga merupakan bentuk dukungan dalam merealisasikan program pemulihan ekonomi nasional sekaligus untuk mendukung geliat usaha produk lokal pun, bikin para UMKM makin bersemangat di tengah pandemi covid 19 ini. 

Nah pertanyaannya untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, sudah berapa banyak produk lokal yang kamu beli dari para UMKM? Jika sudah banyak, pasti kamu bangga juga kan dan berpikir bahwa produk lokal nggak kalah saing dengan produk dari luar negeri. 

Berkaitan dengan bentuk dukungan kepada UMKM, kali ini Pemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional BBI untuk berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, juga menggandeng dua top brand, yaitu Jayaboard dan Wingsfood menggelar acara bertajuk Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur 2021. Acara ini telah digelar pada 1-31 Agustus 2021 dan melibatkan para UMKM di Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratusan Produk dari Industri Kreatif

Pada acara Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur 2021 sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur membawa karya mereka ke khalayak luas. Karya atau produk tersebut berasal dari berbagai bidang industri seperti Home Decor & Craft, Accessories & Beauty, Fashion, Food & Beverages. Ratusan UMKM di Jawa Timur tersebut tergabung dalam virtual expo melalui situs lokalkerenjatim.id. 

Di situs tersebut , kamu bisa menemukan produk yang dibuat handmade dari perajin lokal. Yup, berbagai kebutuhan penampilan head to toe, dekorasi apik, bahkan urusan memuaskan lidah dan ingin menjajal citarasa baru dari industri pangan dalam kemasan bisa banget langsung dicek di situs tersebut.

3 dari 4 halaman

Berani Gali Potensi dan Podcast Inspiratif

Selama sebulan penuh, Lokal Keren Jatim Road to BRIlianpreneur 2021 menghadirkan rangkaian event yang menghibur dan inspiratif. Dimulai dari Opening Ceremony virtual yang ikut dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Direktur Utama BRI, Sunarso. Opening ceremony berlangsung makin meriah karena menghadirkan live perform dari Padi Reborn. 

Selain penampilan dari musisi, rangkaian acara ini nggak cuma menghadirkan produk UMKM saja lho! Para pembeli juga bisa melihat langsung pameran 3D virtual showcase di lokalkerenjatim.id.

Oh ya, di dalam kegiatan lokal keren Jatim ini para peserta UMKM yang telah lulus kurasi mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan bussiness matching dimana kegiatan tersebut mempertemukan para peserta UMKM dengan potensial buyer dari dalam dan luar negeri.

Ada juga on boarding UMKM di marketplace dan lelang kolaborasi UMKM dan desainer ternama.Kegiatan lelang virtual juga di lakukan sebagai rangkaian kegiatan lokal keren Jatim. Seluruh hasil lelang dari kegiatan ini disumbangkan kepada Dekranasda Jawa Timur untuk memajukan UMKM lokal di Jawa Timur. 

Selain itu, pastinya yang paling ditunggu adalah podcast dari berbagai narasumber. Total ada 10 episode podcast ditambah satu episode spesial dari para pelaku UMKM yang sukses menjalankan bisnisnya dan narasumber yang berkompeten di bidangnya, dengan memberikan banyak insight yang bermanfaat untuk kemajuan usaha di kemudian hari.

4 dari 4 halaman

Pencapaian Lokal Keren Jatim Road to BRIlianpreneur Dalam Angka

Mengusung misi untuk meningkatkan minat beli terhadap produk artisan indonesia (UMKM) khususnya yang ada di jawa timur. Pagelaran virtual expo ini mampu meraih sales volum sebesar Rp 11,2 miliar yang melampaui target sebesar Rp 10 Miliar dan pelaksanaan business matching yang dilakukan oleh UMKM meraih total sales contract sebesar Rp4,9 miliar dari total target sebesar Rp 2,5 Miliar baik dari buyer lokal maupun buyer luar negeri (ekspor). Wow banget kan? 

Nggak cuma itu saja, pencapaian lain dapat dilihat dari antusias para pengunjung atau penonton virtual saat gelaran podcast. Setiap program yang disiarkan secara streaming menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. Hal ini dibuktikan lewat total viewers hingga 600ribu. 

Gimana, sederet pencapaian acara yang digelar BRI ini benar-benar bikin bangga kan? Yup, ini adalah cara pemerintah melalui lembaga terkait untuk mendorong kemajuan UMKM di Tanah Air. Setelah melihat bukti konkret event ini, yuk mulai bangkitkan lagi kebanggaan kita terhadap produk buatan Indonesia dari para UMKM!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    BRI

Video Terkini