Sukses

Cara Atasi Keraguan saat Bangun Perusahaan Ala Jessica Alba

Aktris Jessica Alba sempat mengalami keraguan dalam prosesnya membangun perusahaan barang konsumsi Honest Company pada 2012.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Jessica Alba sempat mengalami keraguan dalam prosesnya membangun perusahaan barang konsumsi Honest Company pada 2012. Namun, ia berhasil mengatasi keraguan tersebut.

Alba harus melawan orang-orang yang menentangnya dengan mengembangkan strategi untuk menyelesaikan kritik yang didapatkan. Selain memiliki status sebagai pendiri perusahaan, Alba juga menjabat sebagai Chief Creative Officer dan duduk di kursi dewan.

Honest Company saat ini bernilai hampir USD 1 miliar (Rp 14,2 triliun) dan sudah terbuka untuk publik.

Melansir dari CNBC, Senin (20/9/2021), Alba menyukai penggunaan fakta dan data. Setiap kali ada orang yang menentangnya, ia akan mengajukan pertanyaan ‘Benarkah? Mengapa ini tidak berhasil?’ dan mengumpulkan semua data yang dibutuhkan untuk melawan mereka.

Lalu, pengendalian sikap saat mengajukan pertanyaan juga dibutuhkan dan tetap tampilkan senyuman terbaik.

Ketika Honest Company mulai berdiri, ibu tiga anak itu mengaku bahwa sulit untuk menampilkan senyuman saat merasa lelah. Bahkan, ia juga sering tidak tidur pada malam hari.

Akan tetapi, Alba mengingatkan kembali pekerjaan yang banyak diperlukan untuk membuat sebuah perusahaan berdiri karena setiap detail menjadi penting.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hambatan yang Ditemukan

Meskipun sudah berdiri selama bertahun-tahun, sejumlah hambatan masih ditemui. Contohnya adalah perusahaan harus menghadapi gugatan dari sekelompok orang atas iklan palsu, permasalahan kepemimpinan, hingga penawaran saham perdana kepada publik yang mengalami kegagalan selama sembilan tahun terakhir.

Menurut Alba, kuncinya adalah menghilangkan suara dari luar meskipun hal tersebut lebih mudah dikatakan daripada diwujudkan.

“Saya pikir rahasia untuk sukses adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang cerdas, tetap fokus pada misi dan pastikan bahwa Anda memiliki keselarasan,” kata Alba.

 

Tahun lalu, Alba sempat mengalami imposter syndrome yaitu keadaan saat seseorang merasa tidak pantas untuk berada di sebuah posisi.

Suami Alba, Cash Warren yang merupakan seorang produser film meluruskan bahwa kesuksesan Alba diraih karena kerja keras yang dilakukannya. Ia berpesan, “Dia (Alba) pantas berada di sana sama seperti orang lain.”

Seiring berjalannya waktu, wanita berusia 40 tahun itu merasa sudah menghilangkan perasaan tidak pantas ini.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.