Sukses

Kronologi Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua

Pesawat kargo Rimbun Air berangkat dari Kabupaten Nabire Papua dengan membawa muatan bahan bangunan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengabarkan bahwa satu pesawat kargo mengalami hilang kontak di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pesawat tersebut diketahui hilang kontak sejak Rabu (15/9/2021) pagi.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati menyampaikan kronologi hilangnya komunikasi dengan pesawat tersebut.

Diketahui, pesawat Rimbun Air cargo seri Twin Other 300 PK-OTW tersebut hilang kontak sejak pukul 07.37 waktu setempat.

Awalnya pesawat kargo itu berangkat dari Kabupaten Nabire dengan membawa muatan bahan bangunan. Pesawat lepas landas dari Kabupaten Nabire dengan tujuan Kabupaten Intan Jaya sekitar pukul 06.40 WIT.

“Pukul 06.40 WIT, pesawat take-off dari kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya dengan membawa muatan kargo (bahan bangunan),” tulis Adita dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (15/9/2021).

Kemudian, ia menyampaikan pada 07.30 WIT, Airnav Sugapa masih bisa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot Rimbun Air sebelum hilang kontak.

Hingga berita ini ditulis, belum ada kabar lanjutan mengenai komunikasi dengan pesawat Rimbun Air PK-OTW tersebut.

Kru Pesawat

Pesawat Rimbun Air tersebut diketahui membawa tiga kru pesawat, yang terdiri dari pilot, kopilot, dan teknisi. Diantaranya:

- Hj. Mirza (Pilot)

- Fajar (Kopilot)

- Iswahyudi (Teknisi).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi

Adita menambahkan, bahwa saat ini kantor otoritas bandara wilayah Merauke telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait peristiwa tersebut.

“Saat ini Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke melakukan koordinasi bersama tim aparat keamanan dan BASARNAS dalam melakukan pencarian terkait hilangnya kontak pesawat tersebut,” tulis Adita.

Sebelumnya, pihak Kemenhub mengatakan bahwa sekitar pukul 07.37 WIT, Kemenhub mendapatkan kabar pesawat Rimbun Air hilang kontak di distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

“Kami memperoleh informasi bahwa pada hari Rabu (15 September 2021) pukul 07.37 WIT, telah terjadi hilang kontak pesawat rimbun air PK-OTW di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya,” tulisnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.