Sukses

Koleksi Seni Miliarder Ini Bisa Cetak Rekor Penjualan Tertinggi

Koleksi seni yang dimiliki Harry Macklowe dan mantan istrinya Linda akan masuk ke rumah lelang Sotheby.

Liputan6.com, Jakarta Koleksi seni yang dimiliki miliarder real estate Harry Macklowe dan mantan istrinya Linda akan masuk ke rumah lelang Sotheby. Hasil pelelangan tersebut diperkirakan bisa mencapai lebih dari USD 600 juta (Rp 8,5 triliun).

Terdapat 65 koleksi seni dan dijual dalam dua periode berbeda, yaitu 15 November 2021 dan Mei 2022. Beberapa jenis koleksi seni dibuat oleh Mark Rothko, Andy Warhol, hingga Alberto Giacometti.

Sejumlah rumah lelang dan dealer terkenal memperebutkan penjualan koleksi seni tersebut. Sementara itu, Macklowe berjuang di pengadilan untuk mendapatkan bagian dari hasil penjualan koleksi seni.

Melansir dari CNBC, Rabu (15/9/2021), CEO Sotheby Charles Stewart berkata, “Koleksi Macklowe adalah koleksi seni modern dan kontemporer terbesar yang pernah ada di pasar. Ini pasti akan memikat kolektor top dari seluruh dunia.”

Stewart melanjutkan penjualan menjadi salah satu peristiwa penting yang bisa mendefinisikan pasar seni dan sejarah Sotheby selama 277 tahun terakhir.

Diketahui penjualan telah dilakukan selama bertahun-tahun seiring dengan perceraian Macklowe dan Linda pada 2016.

Hakim Manhattan memutuskan agar aset dan properti sebesar USD 2 miliar (Rp 28,4 triliun) milik mantan pasangan suami istri itu dibagi rata pada 2018.

Selain itu, hakim juga memerintahkan koleksi seni dijual dan hasilnya dibagi menjadi dua karena Macklowe dan Linda memperebutkan nilai penjualan. Macklowe berkata bahwa koleksi tersebut bernilai hampir USD 800 juta (Rp 11,4 triliun), sedangkan Linda berkata bahwa koleksi mendekati USD 600 juta (Rp 8,5 triliun).

Sotheby menolak untuk memberikan informasi terkait proses dalam memenangkan penjualan koleksi seni.

Kabar yang beredar adalah rumah lelang ini menawarkan jaminan sebesar USD 650 juta (Rp 9,2 triliun) hingga USD 700 juta (Rp 9,9 triliun).

Arti dari jaminan tersebut adalah Sotheby setuju untuk membayar penjual dengan harga tertentu dari harga lelang yang sebenarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Macklowe Rajin Mengumpulkan Koleksi Terkenal

Selama 50 tahun, Macklowe menjadi kolektor yang rajin mengumpulkan koleksi terkenal dari seniman terkemuka dalam seni kontemporer dan modern. Dua koleksi utamanya diharapkan bisa menghasilkan lebih dari USD 70 juta (Rp 997 miliar).

Koleksi pertama dibuat oleh Rothko yang bernama “No.7”. Lalu, koleksi kedua dibuat oleh Giacometti yang bernama “Le Nez”.

Koleksinya yang lain juga datang dari Warhol yang bernama “Nine Marilyns”. Karya tersebut dibuat pada 1962 terkait figur Marilyn Monroe dan diperkirakan bisa terjual senilai USD 40 juta (Rp 569 miliar) hingga USD 60 juta (Rp 854,8 miliar).

Belum diketahui apakah koleksi seni dari Macklowe akan menjadi koleksi seni termahal yang pernah dijual. Sebelumnya, koleksi dari David dan Peggy Rockefeller menghasilkan USD 835 juta (Rp 11,8 triliun) pada 2018. Namun, koleksi tersebut termasuk furnitur, perhiasan, dan barang-barang pribadi Rockefeller lainnya.  

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.