Sukses

Indonesia jadi Tuan Rumah KTT G20 2022, Ini Isu yang Siap Diperjuangkan BI

Ekonomi global di tengah pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai membaik, tapi belum seimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyodorkan isu koordinasi moneter dan sektor keuangan untuk pemulihan bersama untuk diusung Presidensi Indonesia di ajang G20 2022. Itu jadi salah satu dari lima agenda jalur keuangan yang diusung bank sentral.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, ekonomi global di tengah pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai membaik, tapi belum seimbang.

Dia menilai, negara-negara maju sebagian besar sudah pulih dan berencana mengubah kebijakan untuk mengurangi stimulus fiskal dan moneter. Sementara negara berkembang kini masih berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Oleh karena itu koordinasi ini perlu kita lakukan untuk diperjuangkan di dalam G20, agar pemulihan ekonomi global bisa lebih seimbang dan tidak menimbulkan suatu spillover effect atau dampak rambatan terhadap negara-negara berkembang," kata Perry dalam sesi teleconference, Selasa (14/9/2021).

Perry lantas menyoroti kebijakan moneter yang dilakukan sejumlah negara maju. Seperti dilakukan Amerika Serikat yang berencana melakukan kebijakan pengurangan likuiditas atau dikenal sebagai The Fed Tapering.

"Demikian juga di negara-negara maju yang lain. Juga di negara-negara maju sudah direncanakan untuk mengurangi pelonggaran kebijakan di sektor keuangan yang selama ini dilakukan. Misalnya pengaturan mengenai kredit maupun pembiayaan," ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi di Tingkat G20

Menurut dia, koordinasi jadi sangat penting agar bisa pulih bersama, dan tidak menimbulkan dampak rambatan negatif ke negara-negara berkembang

"Oleh karena itu koordinasi di tingkat G20 untuk ini perlu direncanakan secara baik, diperhitungkan secara baik, dan dikomunikasikan secara baik. Well planned, well calibrated, well communicated. Sehingga bisa pulih bersama untuk mendukung pemulihan ekonomi dan mengurangi atau menghilangkan dampak yang tidak diinginkan kepada negara berkembang," tuturnya.

"Termasuk di dalam ini adalah inisiatif lembaga-lembaga internasional, yang dalam hal ini termasuk alokasi tambahan SDR allocation oleh IMF. Agar negara-negara berkembang bisa lebih tahan mengatasi berbagai dampak dari ketidakseimbangan pemulihan global ini," terangnya.

Selain isu pemulihan bersama tersebut, Bank Indonesia saat Presidensi G20 di 2022 mendatang juga membawa empat agenda penting lain di jalur keuangan. Antara lain, koordinasi kebijakan sektor moneter dan keuangan untuk mendorong pertumbuhan yang lebih kuat, recover stronger.

Kemudian, kerjasama di bidang sistem pembayaran di era digital. Lalu inisiatif untuk di bidang moneter dan sektor keuangan untuk mendukung pembiayaan berkelanjutan, atau sustainable finance.

Terakhir, Bank Indonesia pun akan mengusung isi kerjasama di bidang inklusi keuangan, termasuk untuk pembiayaan UMKM secara digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.