Sukses

Sambil Menunggu Jadwal SKD CPNS 2021, Ayo Latihan Ujian di Cat.bkn.go.id

Dalam hal ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) ternyata telah menyediakan layanan simulasi Tes SKD untuk para CASN 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan SKD CPNS 2021 sudah dimulai pada 2 September 2021 dengan jadwal dan lokasi yang berbeda. Selain mengecek jadwal dan lokasi, peserta juga perlu mempersiapkan diri sebelum tes yaitu dengan berlatih soal.

Dalam hal ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) ternyata telah menyediakan layanan simulasi soal tes SKD untuk para CASN 2021.

Dikutip dari akun Facebook resmi BKN RI, Selasa (14/09/2021), peserta bisa berlatih soal seleksi ASN menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Latihan soal tersebut bisa diakses melalui tautan http://cat.bkn.go.id/simulasi.

Untuk latihan soal2 seleksi ASN menggunakan CAT, kalian bisa ikuti simulasinya via kanal berikut http://cat.bkn.go.id/simulasi. Buka pake PC lbh joss ya guys,” mengutip penjelasan BKN dalam akun Facebook resminya @Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.

Sementara itu, BKN pun menegaskan bahwa tidak pernah bekerja sama maupun secara mandiri menerbitkan buku kisi-kisi materi seleksi ASN ataupun sejenisnya. Segala informasi mengenai seleksi CASN 2021 selalu diinformasikan melalui akun atau website resmi BKN.

#SobatBKN, menjelang masa seleksi rekrutmen ASN (CPNS&PPPK) banyak beredar di masyarakat buku panduan kiat lulus tes ASN dgn mencantumkan logo lama CAT-BKN.

Mimin tegaskan bhw BKN tdk pernah bekerja sama maupun secara mandiri menerbitkan buku kisi2 materi seleksi ASN dan sejenisnya,” begitu penjelasan BKN dalam akun Facebook resminya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS 2021

Adapun kisi-kisi soal Tes SKD CPNS 2021 akan terbagi menjadi tiga kategori.

Dikutip dari akun Instagram resmi @bkngoidofficial, ketiga kategori materi tersebut, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK adalah tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan serta pengetahuan peserta. Penilaian ini berkaitan dengan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia.

Ada pula mengenai Tes Intelegensia Umum atau TIU. Tes ini merupakan tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan para peserta dalam mengimplementasikan kemampuan verbal yang meliputi analogi, silogisme, dan analitis.

Sementara mengenai kemampuan numerik, meliputi berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Ada pula satu lagi terkait kemampuan figural yang meliputi analogi, ketidaksamaan, dan serial.

Sedangkan kategori yang ketiga mengenai Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Tes ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan terkait pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, profesionalisme, dan antiradikalisme.

 

3 dari 3 halaman

Rincian Soal

Peserta berhak mengikuti Tes SKD jika telah lulus seleksi administrasi. Pada kesempatan SKD tersebut, peserta akan berhadapan dengan 110 soal. Rinciannya, sebanyak 30 soal Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 45 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Durasi waktu yang diberikan dalam SKD adalah 100 menit. Namun, untuk peserta dengan kategori disabilitas akan diberikan durasi waktu lebih dalam pelaksanaan SKD yaitu 130 menit.

Pada materi TWK dan TIU, peserta akan mendapatkan nilai 5 jika menjawab benar dan nilai 0 jika menjawab salah/tidak menjawab. Dengan demikian, nilai maksimal yang didapatkan untuk TWK adalah 150 dan nilai maksimal untuk TIU adalah 175.

Sementara itu, materi TKP memiliki nilai paling rendah adalah 1, nilai paling tinggi adalah 5, dan jika tidak menjawab bernilai 0. Jadi, nilai maksimal untuk TKP adalah 225.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.