Sukses

Konsumsi Masyarakat Sudah ke Produk Tersier: Makan di Restoran hingga Liburan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, konsumsi masyarakat sudah mulai meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, konsumsi masyarakat sudah mulai meningkat. Hal ini terlihat dari data Mandiri Spending Index yang menunjukkan tingkat konsumsi masyarakat telah melampaui kondisi awal penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Kita melihat dari data Mandiri spending Indeks ini sudah pada saat PPKM darurat yang lalu sudah turun," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (13/9).

Indeks konsumsi masyarakat sudah berada di level 97,3 persen dan indeks belanja mencapai 79 persen. Begitu juga dengan pertumbuhan, berdasarkan big data perbankan nasional, sudah mencapai 30,04 persen (yoy).

"Demikian pula pertumbuhan melalui big data perbankan nasional itu angkanya 30,04 persen (yoy)," kata dia. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Travelling

Selain itu, pemerintah juga melihat sudah ada pergeseran produk yang dibeli masyarakat. Bila semua ditujukan pada produk kesehatan, kini masyarakat sudah mulai membelanjakan uangnya untuk produk tersier.

"Terjadi pergeseran pembelanjaan dari produk kesehatan menjadi produk tersier antara lain restoran, elektronik, pakaian, alat rumah tangga, dan travelling," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.