Sukses

Pengunjung Pantai Pangandaran Membludak, Menko Luhut Beri Peringatan

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tingkat okupansi hotel di Kawasan Wisata Pangandaran mendekati penuh

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tingkat okupansi hotel di Kawasan Wisata Pangandaran mendekati penuh, seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat yang cukup signifikan.

“Di beberapa wilayah terjadi peningkatan mobilitas yang cukup masif utamanya terjadi di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Pangandaran,” kata Luhut dalam Konferensi Pers PPKM, Senin (13/9/2021).

Luhut menyebut, peningkatan jumlah pengunjung itu berasal dari Bandung Raya, Tasikmalaya, dan Jabodetabek sehingga berpotensi untuk terjadi penyebaran kasus impor bagi daerah tersebut. Sehingga menyebabkan tingkat okupansi hotel di sana hampir penuh.

“Tingkat okupansi hotel di Kawasan Wisata Pangandaran mendekati penuh. Hal ini berlawanan dengan ketentuan-ketentuan yang mengatur terkait kapasitas hotel yang diperbolehkan,” ujarnya.

Oleh karena, itu Pemerintah Pusat terus mendorong agar Pemerintah Daerah memahami dan mengawasi kondisi ini dan melakukan tindakan tegas terhadap segala bentuk pengabaian peraturan mengenai PPKM ini.

Untuk mengendalikan hal tersebut, Pemerintah akan menerapkan kebijakan ganjil-genap untuk daerah-daerah tempat wisata. Tujuannya agar tingkat kunjungan ke tempat wisata bisa terkendali dan menekan lonjakan kasus covid-19.

“Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata mulai jumat pukul 12.00 sampai dengan minggu pukul 18.00,” tegasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Cepat dari Perkiraan

Menurutnya, meski kondisi Covid-19 membaik begitu cepat di Jawa Bali, menyebabkan penurunan level PPKM yang lebih cepat dibandingkan perkiraan. Di sisi lain, kecepatan vaksinasi dan implementasi peduli lindungi serta protokol kesehatan masih tertinggal.

“Penurunan level PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euphoria dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protokol Kesehatan dan penggunaan peduli lindungi. Hal ini  cukup berbahaya karena dapat mengundang gelombang berikutnya dari Covid-19,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.