Sukses

Simak Kisi-kisi Soal Tes SKD CPNS 2021, Seleksi Tilok Mandiri Digelar 14 September

Tes SKD CPNS 2021 akan kembali digelar pada 14 September 2021 untuk Tilok Mandiri. Simak dulu kisi-kisi soal SKD CPNS 2021

Liputan6.com, Jakarta Tes SKD CPNS 2021 akan terbagi ke dalam tiga sesi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi  (TKP).

Tes SKD CPNS 2021 akan kembali digelar pada 14 September 2021 untuk Tilok Mandiri. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menambah 15 Tilok Mandiri yang tersebar.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama mengungkapkan, bahwa penambahan Tilok dari BKN ini bertujuan untuk mengakomodasi peserta SKD yang sulit menjangkau beberapa lokasi ujian di sejumlah wilayah.

"Tilok Mandiri BKN ini sejak awal didesain untuk mengurangi pergerakan peserta lintas provinsi, sekaligus menampung peserta yang tidak mungkin mengikuti seleksi dari Tilok BKN yang sudah ditetapkan sebelumnya," ujar dia sebelumnya.

Adapun pembagian soal tes SKD CPNS 2021 yang terbagi ke dalam tiga sesi, telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 1023/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2021.

Total soal SKD CPNS 2021 yang diujikan sebanyak 110 soal terbagi 3 materi berbeda. Rinciannya, 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 45 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Durasi waktu yang diberikan selama 100 menit bagi peserta mengerjakan soal tes SKD CPNS 2021. Meskipun demikian, peserta dalam kategori disabilitas akan diberikan waktu tambahan yaitu sekitar 130 menit. 

Penilaian nantinya akan mendapatkan skor 5 untuk jawaban benar, nilai 0 untuk jawaban salah khususnya pada materi TWK dan TIU. Dengan demikian, nilai maksimal untuk lulus dari TW adalah 150 poin, TIU 175 poin, dan TKP 225.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisi-kisi Soal

Berikut kisi-kisi soal tes SKD CPNS 2021.

1. Tes Wawasan Kebangsaan

Tes ini bertujuan untuk menilai penguasaan serta pengetahuan peserta. Aspek penilaian yang diberikan antara lain sebagai berikut.

  • Nasionalisme
  • IntegritasBela Negara
  • Pilar Negara
  • Bahasa Indonesia

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Kedua, tes dilakukan bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan para peserta dalam mengimplementasikan kemampuan verbal yang meliputi beberapa aspek di bawah ini.

  • Kemampuan Verbal: analogi, silogisme, analitis
  • Kemampuan Numerik: berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal ceritaKemampuan Figural:analogi, ketidaksamaan, dan serial

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes ketiga bertujuan untul mengetahui penguasaan terkait dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan beberapa keterampilan dan kompetensi di bawah ini.

  • Pelayanan Publik
  • Jejaring Kerja
  • Sosial Budaya
  • TIK
  • ProfesionalismeAnti-radikalisme

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.