Sukses

Harga Telur Ayam Anjlok, Ternyata Ini Penyebabnya

Harga telur ayam terjun bebas di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur ayam terjun bebas di pasaran. Saat ini harga komoditas pangan tersebut Harga telur ayam terjun bebas di pasaranKetua Paguyuban Peternak Rakyat Nusantara (PPRN) Alvino Antonio pun buka suara terkait penyebab anjloknya harga telur di pasaran dalam beberapa waktu terakhir.

Alvino menyebut, penurunan harga telur sendiri dipicu oleh keberadaan investor asing yang turut andil dalam kegiatan budi daya sektor perunggasan. Akibatnya terjadi over supply di pasaran yang membuat harga telur jatuh cukup dalam.

"Penurunan (harga) karena Over supply (telur). Terjadi sejak perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) integrator ikut berbudidaya dalam jumlah supply yang tidak terkendali," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (11/9).

Akibatnya, harga telur produksi peternak rakyat terjun bebas. Bahkan, penurunan harga telur mencapai Rp6.000 per kilogram (kg).

"Padahal, harga pokok produksi peternak rakyat Rp 21.000 per kg. Harga telur sekarang Rp 15.000 sampai 16.000 per kg," jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Diminta Segera Turun Tangan

Oleh karenanya, di mendesak pemerintah untuk segera turun tangan dengan melarang integrator berbudidaya untuk mencegah terulangnya banjir stok telur.

Cara lainnya, pemerintah bisa menerapkan skema pembagian market, misalnya pasar tradisional untuk peternak rakyat dan integrator marketnya industri horeka (hotel restaurant katering dan olahan).

"Dan kami minta dibuatkan perpres yang melindungi peternak rakyat mandiri sesuai dengan undang-undang," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.