Sukses

Kenalkan Deretan Miliarder Filipina, Hartanya Bertambah 30 Persen

Lonjakan kekayaan para miliarder tersebut terlepas dari masalah akibat Covid-19 yang masih melanda negaranya.

Liputan6.com, Jakarta Kekayaan warga Filipina menunjukkan tanda pemulihan yang kuat. Hal itu membuat kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya naik sebesar 30 persen menjadi USD 79 miliar atau sekitar Rp 1,28 kuadriliun.

Lonjakan kekayaan para miliarder tersebut terlepas dari masalah akibat Covid-19. Tercatat ada pertumbuhan hingga dua digit pada kuartal kedua tahun ini dalam bidang ekonomi.

Di samping itu, sentimen investor pun tetap kuat sehingga memicu kenaikan sebesar 13 persen dalam indeks saham acuan dari tahun lalu.

Dikutip dari Forbes, Kamis (18/11/2021), kekayaan lebih dari setengah dari daftar miliarder Filipina ini terlihat naik pada tahun ini. Setidaknya empat orang yang terdaftar pun kekayaannya bertambah lebih dari USD 1 miliar.

Sejauh ini, tiga teratas adalah penghasil dolar terbesar. Dia adalah The Sy bersaudara, pewaris kelompok yang dibangun Henry Sy Sr. Secara kolektif kekayaannya meningkat hampir USD 6 miliar.

Hingga akhirnya tetap membuat The Sy saudara menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di Filipina dengan USD 16,6 miliar.

Sementara itu, peningkatan kekayaan pun dirasakan pemilik properti taipan Manuel Villar. Dia berada di posisi kedua dengan kekayaan bersih USD 6,7 miliar.

Meningkatnya kekayaan Villar ini disebabkan setelah memperluas portofoilionya dengan mengambil alih Manila Water Enrique Razon Jr. Mengamankan posisinya di tempat ketiga dengan USD 5,8 miliar.

Terlepas dari tantangan masa pandemi, pasar IPO yang aktif di Filipina pun menjadikan pendiri Monde Nissin Betty Ang masuk dalam dereta orang terkaya.

Bahkan dengan persentase perolehan terbesar di tahun ini. Kekayaan Ang mampu melonjak hingga tujuh kali lipat menjadi USD 1,4 miliar, naik dari posisi ke-20.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendatang Baru

Tak sendiri, perusahaan Ang pun membawa ketua Monde Nissin Hartono Kweefanus, saudara ipar Ang, masuk sebagai pendatang baru dalam daftar orang terkaya. Disusul CEO perusahaan Henry Soesanto dan Keng Sun dan Peter Mar.

Pendatang baru tidak hanya datang dari perusahaan Monde Nissin. Ada pula salah satu pendiri Converge ICT Solution Dennis Anthony dan Maria Grace Uy. Masuknya kedua orang tersebut disebabkan meroketnya permintaan layanan broadband di rumah selama pandemi.

Sementara itu, masih ada setidaknya delapan orang pendatang baru lagi yang masuk dalam daftar. Mereka di antaranya Luis Yu Jr dan Mariano Martinez Jr, pemilik 8990 Holdings.

Selain itu, suami istri Benedicto dan Teresita Yujuico yang menuai kekayaan dari daftar DDMP REIT, pemilik kantor yang mereka miliki bersama dengan Edgar Sia II.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.