Sukses

4 Rahasia Sukses Bekerja Sekaligus Punya Bisnis Sampingan

Berikut ini empat tips darinya tentang bagaimana memulai usaha sampingan yang sukses di samping memiliki pekerjaan penuh waktu.

Liputan6.com, Jakarta Usaha sampingan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang ekstra. Namun, bisa pula menjadi tantangan.

Jenifer Shealey, pendiri platform Freelancer tahu betul tentang hal ini. Sebab, Shealey bekerja di dua tempat sebagai pekerja paruh waktu di samping kesibukan pemasaran digitalnya di Fiverr.

Alhasil sejak memulai platform freelancer pada 2014, Shealey telah menghasilkan lebih dari USD 366.000 dalam penjualannya.

Sepanjang perjalanan bisnisnya, Shealey banyak belajar beberapa hal berharga tentang bagaimana membangun bisnis.

Dikutip dari laman CNBC, Minggu (12/09/2021), berikut ini empat tips darinya tentang bagaimana memulai usaha sampingan yang sukses di samping memiliki pekerjaan penuh waktu.

1. Cari tahu apa yang Anda suka, lakukan, dan mulailah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pikirkan sesuatu yang Anda suka. Selain itu, pikirkan pula kira-kira Anda menguasai bidang atau pekerjaan apa.

Sebelum memulai pekerjaan sampingannya pada 2014, Shealey bekerja di tempat yang tidak dia suka. Hal itu yang menjadi petunjuk padanya betapa pentingnya untuk tetap setia pada hasrat dan tujuan Anda, katanya.

Setelah menemukan gairah, Shealey menyarankan untuk langsung memulainya. Jangan terlalu memikirkan hal-hal lain.

“Saya pikir itulah yang membuat orang terjatuh, terutama karena kita terus berada di media sosial dan mencari kesempurnaan dan Anda tidak membutuhkan kesempurnaan,” tuturnya. Shealey menambahkan, semua itu hanya butuh hati dan tujuan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Gunakan platform

Selanjutnya, tinjau platform yang bisa dimanfaatkan. Tujuannya adalah untuk membantu Anda menemukan klien dan membangun merek.

“Anda tidak perlu mengenal siapa pun. Saya tidak mengenal siapa pun. Saya baru bergabung dan langsung membuat akun,” kata Shealey.

Richard Lambert yang juga pebisnis menyarankan untuk memulainya dengan sebuah platform. “Saat Anda bekerja sendiri, Anda akan menyadari betapa sulitnya membangun bisnis,” katanya.

Lambert menambahkan, “Meskipun saya melakukannya dengan baik, saya sadar dengan bagian lain, seperti periklanan atau humas, bisa menghabiskan waktu saya.”

3. Tetapkan jadwal

Poin ketiga adalah menetapkan jadwal kerja dan harus mematuhinya.

Hal ini mungkin bisa sulit apalagi ketika Anda bekerja penuh waktu. Akan tetapi, menetapkan waktu untuk pekerjaan sampingan dapat membantu mengembangkan rutinitas.

Shealey menggunakan semua waktu luangnya untuk bekerjsa ekstra. “Semua waktu luang ekstra yang saya miliki. Saya berkorban tidak pergi ke pesta dan mengatakan tidak untuk banyak hal. Sebab, saya ingin benar-benar fokus pada Fiverr,” jelasnya.

Dengan tetap rajin dan konsisten bekerja, pasti akan mungkin menghasilkan lebih banyak pendapatan.

4. Bersikap fleksibel dengan harga

Poin terakhir adalah fleksibel dengan harga. Sebab, seiring bisnis bertumbuh, Anda bisa menaikkan harga sesuai dengan pasaran.

Seperti apa yang dilakukan Shealey. Awal mula memberikan harga bahkan serendah USD 5. Seiring berjalannya waktu, harga tersebut naik dan sekarang bisa berkisar USD 20 sampai USD 125.

Memang penting untuk tetap sabar. Hal itu karena perlu waktu untuk mencapai kesuksesan.

“Saya tidak akan menyerah begitu saja. Saya tidak melilhat keuntungan besar dalam tiga tahun pertama dan saya sibuk bekerja paruh waktu lainnya. Akan tetapi aku tidak berkecil hati,” tuturnya.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.