Sukses

Ukraina Menyusul El Savador Legalkan Penggunaan Bitcoin

Parlemen Ukraina mengadopsi undang-undang yang melegalkan dan mengatur uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Ukraina menjadi negara kelima dalam beberapa pekan terakhir yang menetapkan beberapa aturan dasar untuk pasar mata uang kripto. 

Dalam pemungutan suara yang hampir bulat, Parlemen Ukraina mengadopsi undang-undang yang melegalkan dan mengatur uang kripto, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (9/9/2021).

RUU itu mulai dijalankan pada 2020 lalu – dan sekarang menuju ke meja Presiden Ukraina olodymyr Zelensky.

Saat ini, warga Ukraina diizinkan untuk membeli dan menukar uang kripto, tetapi perusahaan dan bursa yang berurusan dengan kripto masih kerap diawasi ketat oleh penegak hukum setempat.

Laporan Kyiv Post menyebut otoritas negara itu cenderung mengambil sikap agresif dalam hal uang virtual, menganggapnya sebagai "penipuan," mempengaruhi bisnis terkait kripto, dan "sering menyita peralatan mahal tanpa alasan apa pun".

Pada Agustus 2021, misalnya, ketika Layanan Keamanan Ukraina (SBU) memblokir jaringan yang disebut "pertukaran mata uang kripto rahasia" yang berjalan di Ibu Kota Kyiv.

SBU mengklaim jaringan tersebut memfasilitasi pencucian uang dan memberikan anonimitas transaksi.

Undang-undang baru juga menjabarkan perlindungan tertentu terhadap penipuan bagi mereka yang memiliki bitcoin dan uang kripto lainnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ukraina Berencana Buka Pasar Uang Kripto untuk Bisnis dan Investor

Tidak seperti langkah El Salvador yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, undang-undang uang kripto di Ukraina tidak memfasilitasi peluncuran bitcoin sebagai bentuk pembayaran, juga tidak menempatkannya pada pijakan yang sama dengan hryvnia, mata uang nasional negara itu.

2022 mendatang, Ukraina berencana membuka pasar uang kripto untuk bisnis dan investor, menurut Kyiv Post.

Pejabat tinggi negara itu juga telah menggembar-gemborkan kredibilitas uang kripto mereka kepada investor dan dana modal ventura di Silicon Valley.

Pada kunjungan kenegaraan resmi ke AS bulan lalu, Presiden Zelensky berbicara tentang "pasar inovatif legal untuk aset virtual" Ukraina sebagai titik penjualan untuk investasi, dan Mykhailo Fedorov, Menteri Transformasi Digital Ukraina, mengatakan negara itu sedang memodernisasi pasar pembayarannya, sehingga Bank Nasionaln Ukraina dapat menerbitkan mata uang digital.

"Status hukum Ukraina yang meningkat untuk bitcoin adalah ukuran simbolis yang terpuji bahwa kita maju menuju dunia yang menghormati hak individu secara universal," kata Jeremy Rubin, CEO lab R&D bitcoin Judica.

"Tapi itu hanya simbolis – bitcoin tidak mencari izin atau pengampunan dalam misinya untuk melindungi komunitas yang terdampak dari pemerintah yang tidak adil," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Infografis bitcoin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.