Sukses

Penting! Simak Tips Kelola Keuangan Saat Sedang Cuan

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pastinya ingin menghasilkan uang yang banyak dari bisnisnya. Jika bisnis tersebut sedang mengalami lonjakan pendapatan dalam setahun, apa yang biasanya Anda lakukan?

Umumnya, Anda pasti berpikir untuk melunasi utang atau menyimpan sebagian uang tersebut. Namun, pendapatan yang tinggi juga akan diiringi dengan pengeluaran yang tinggi pula.

Tingginya pengeluaran membuat Anda semakin sulit untuk menabung dari hasil kerja keras dalam bisnis karena sudah dihabiskan untuk keperluan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, simak tips bijak dalam mengelola pendapatan yang sedang melonjak dari bisnis melansir dari Forbes, Minggu (12/9/2021).

1. Lepaskan Rasa Bersalah dan Malu

Beberapa orang melakukan investasi pada asuransi keluarganya sehingga sisa pendapatan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda tidak perlu merasa bersalah dan malu karena harus menghabiskan uang demi membayar asuransi tersebut.

Semakin cepat Anda melepaskan perasaan bersalah dan melihat kondisi keuangan dengan objektif, semakin cepat pula Anda meraih rasa penerimaan, kegembiraan, dan stabilitas keuangan.

2. Catat Pendapatan dan Pengeluaran

Jangan lupa untuk mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran. Jadi, Anda bisa melihat uang yang masuk dan yang keluar secara berdampingan.

Lalu, jangan pernah juga membuat penilaian apa pun tentang arus kas tersebut, apakah Anda merasa menyesal saat menghabiskan uang untuk membeli sesuatu atau tidak. Cukup perhatikan jumlah yang masuk dan jumlah yang keluar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buat Daftar Keinginan

Buatlah daftar keinginan Anda, seperti melunasi utang, membangun tabungan pensiun, merencanakan liburan, menabung untuk kuliah anak, dan sebagainya. Daftar tersebut akan membantu Anda bersikap bijak ketika sedang menggunakan uang sesuai dengan keperluan.

Bekerja untuk meraih pendapatan demi mencapai keinginan tertentu bisa membuat Anda belajar untuk berhemat.

4. Minta Bantuan Pakar Keuangan dan Akuntan

Pakar keuangan dan akuntan akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki bisnis dengan jumlah pendapatan besar. Anda bisa menghemat banyak waktu, uang, hingga rasa frustrasi jika dibimbing sejak dini oleh mereka.

Anda harus berbicara dengan orang-orang yang berpengalaman dalam bidang pajak dan kebutuhan akuntansi.

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini