Sukses

Taiwan Tangkap 14 Penipu Uang Kripto Rp 77 Miliar ke Ratusan Orang

Pengusaha dengan nama belakang "Chen" memimpin skema penipuan dan mempromosikan investasi uang kripto di media sosial.

Liputan6.com, Taipei - Administrasi kepolisian Taiwan menangkap 14 orang yang terkait dengan penipuan investasi mata uang kripto.

Para pelaku ditemukan menipu investor hingga sekitar USD 5,41 juta (Rp 77 miliar), menurut laporan dari situs berita lokal Taiwan, Taipei Times, seperti dilansir Business Insider, Kamis (9/9/2021).

Laporan tersebut, yang mengutip informasi dari Biro Investigasi Kriminal Taiwan (CIB) mengatakan bahwa para tersangka menghadapi tuduhan penipuan dan pencucian uang.

Menurut penyelidik CIB, Kuo Yu-chih, seorang pengusaha dengan nama belakang "Chen" memimpin skema penipuan dan mempromosikan investasi uang kripto di media sosial.

Chen juga diduga menjalankan sebuah platform yang menawarkan layanan transaksi uang kripto yang berbasis di Taipei, Azure Crypto Co.

"Chen dan stafnya membuat situs web, dan diduga menggunakan foto-foto perempuan cantik untuk menarik sebagian besar korban pria, banyak dari mereka sudah pensiun dengan tabungan yang cukup besar," kata Kuo kepada Taipei Times.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Dari 100 Orang Jadi Korban Penipuan

Selain itu, Chen dan stafnya mengaku sebagai penasihat keuangan yang berspesialisasi dalam menambang uang kripto, kata Kuo.

Tersangka penipu fokus pada ether, tether, dan tronix, dan menjanjikan para korban pengembalian investasi yang tinggi melalui teknologi blockchain, tambahnya.

Menurut Taipei Times, lebih dari 100 orang menjadi korban penipuan oleh tersangka, dan satu orang yang paling rugi telah menginvestasikan lebih dari USD 1 juta dalam dua bulan.

Berita itu muncul ketika kasus penipuan di ruang mata uang kripto mencapai rekor tertinggi.

Sebuah analisis pekan lalu menemukan bahwa 32 insiden peretasan dan penipuan dengan total nilai USD 2,99 miliar telah terjadi sejauh ini pada 2021. 

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.