Sukses

Harga Minyak Turun Dipengaruhi Kontrak Arab Saudi ke Negara Asia

Harga minyak turun pada hari Selasa, memperpanjang kerugian dari sesi sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Selasa, memperpanjang kerugian dari sesi sebelumnya. Ini karena penurunan tajam harga kontrak minyak mentah Arab Saudi untuk Asia memicu kekhawatiran atas permintaan yang lebih lambat. Tetapi data ekonomi China yang kuat dan penghentian produksi AS membatasi kerugian.

Dikutip dari CNBC, Rabu (8/9/2021), harga minyak mentah berjangka Brent turun 53 sen, atau 0,73 persen, menjadi USD 71,69 per barel, setelah jatuh 39 sen pada hari Senin.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate AS ditutup 94 sen, atau 1,36 persen, lebih rendah pada USD 68,35 per barel, tanpa harga penyelesaian untuk Senin karena liburan Hari Buruh di Amerika Serikat.

“Pemotongan dalam OSP Saudi dan gempa susulan dari data pekerjaan AS yang mengecewakan pada hari Jumat yang memperkuat dolar kemarin sudah cukup untuk membuat bulls mundur,” kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Saudi Aramco pada hari Minggu memangkas harga jual resmi (OSP) Oktober untuk semua kadar minyak mentahnya yang dijual ke Asia setidaknya USD 1 per barel.

Pemotongan harga yang dalam, tanda bahwa konsumsi di wilayah pengimpor utama dunia tetap bagus, terjadi ketika penguncian di seluruh Asia untuk memerangi varian Delta dari virus corona telah mengaburkan prospek ekonomi.

Pada saat yang sama, ekonomi AS menciptakan lapangan kerja paling sedikit dalam tujuh bulan pada Agustus karena perekrutan di sektor rekreasi dan perhotelan terhenti di tengah kebangkitan infeksi COVID-19, yang membebani permintaan di restoran dan hotel.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh China

Harga minyak, bagaimanapun, didukung oleh indikator ekonomi China yang kuat dan berlanjutnya pemadaman pasokan AS dari Badai Ida.

Impor minyak mentah China naik 8 persen pada Agustus dari bulan sebelumnya, data bea cukai menunjukkan, karena penyuling melanjutkan pembelian menyusul masalah kuota impor baru.

Ekonomi China mendapat dorongan karena ekspor secara tak terduga tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat pada Agustus berkat permintaan global yang solid, membantu mengurangi tekanan dari ekonomi terbesar kedua di dunia itu saat melewati tantangan dari beberapa bidang.

Lebih dari 80 persen produksi minyak di Teluk Meksiko tetap ditutup setelah Ida, kata regulator AS pada Senin, lebih dari seminggu setelah badai mendarat dan menghantam infrastruktur penting di wilayah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.