Sukses

Kisah Tukang Cukur Sukses Jadi Miliarder, Punya 400 Mobil Mewah

Pekerjaan sebagai tukang cukur mampu mengantarkan Ramesh Babu menjadi miliarder India yang memiliki lebih dari 400 mobil mewah hingga bisnis Tours and Travels.

Liputan6.com, Jakarta Roda kehidupan terus berputar. Ada saatnya orang-orang yang berada di bawah menempati posisi teratas untuk menikmati hasil kerja kerasnya bahkan menjadi miliarder.

Seperti yang terjadi pada Ramesh Babu. Bermulai dari bekerja sebagai tukang cukur, kini dia menjadi miliarder yang memiliki lebih dari 400 mobil mewah. Serta memiliki bisnis Tours and Travels. 

Melansir dari India Times, Kamis (9/9/2021), Ramesh tidak terlahir dari keluarga kaya. Ayah Rames, P Gopal adalah seorang tukang cukur di Bangalore, India. Ayahnya meninggal saat Rames berusia 7 tahun.

Gopal meninggalkan tempat pangkas rambut kecil di Bridged road, Bengaluru untuk sang istri dan ketiga anaknya, tetapi tanpa tabungan sepeser pun.

Demi menghidupi sang anak, Ibu Ramesh bekerja sebagai pelayan dengan pendapatan INR 40 (Rp7.700) hingga INR 50 (Rp9.600) per bulan.

Saat berusia 13 tahun, Ramesh menjalankan berbagai pekerjaan sampingan untuk membantu ibunya, seperti mengirimkan surat kabar atau susu ke rumah warga. Alhasil, Ramesh bisa bersekolah sambil menghidupi keluarganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjadi Tukang Cukur

Setelah kelas 1 SMA, Ramesh memutuskan untuk menjalankan usaha pangkas rambut ayahnya dibandingkan melanjutkan pendidikan. Salonnya bernama Inner Space dan berlokasi di kompleks perbelanjaan dekat dengan sekolahnya. Kemudian, salon tersebut menjadi terkenal.

Ramesh menabung sejumlah uang yang dihasilkan dari salonnya. Akhirnya, ia membeli mobil Maruti Van (Omni) pada 1993.

Kesibukannya di salon membuat mobil tersebut menganggur. Ia memutuskan untuk menyewakan mobil saat tidak digunakan.

Pintu kesuksesan perlahan terbuka lebar untuk Ramesh. Pria yang dijuluki sebagai “Billionare Barber” ini menerima kontrak bisnis pertamanya dan semakin memperbesar jangkauan pelanggan.

Ramesh menyadari layanan penyewaan mobil kelas atas memiliki potensi besar. Sejak saat itu, ia pun mulai membangun armada mobil.

3 dari 3 halaman

Lahirnya Bisnis Tours dan Travels

Itulah yang menjadi awal lahirnya Ramesh Tours and Travels. Ia sudah menyewakan mobil mewah mulai dari akhir tahun 90-an.

Sebuah sedan mewah Mercedes E Class adalah investasi pertama yang dimiliki Ramesh. Kemudian, armadanya semakin bertambah dengan tiga mobil Mercedes, empat mobil BMW, dan puluhan Toyota Innova.

Saat ini, Ramesh sudah memiliki 400 mobil, van, dan minibus, termasuk Rolls-Royce Silver Ghost, Mercedes C, E, dan S class, hingga BMW seri 5,6, dan 7.

Walaupun demikian, Ramesh tidak pekerjaannya sebagai tukang cukur. Ia akan menghabiskan setidaknya lima jam dalam sehari di salonnya yang berlokasi di Bowring Institute.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.