Sukses

Bank Mandiri Telah Salurkan Subsidi Gaji Rp 800 Miliar

Pada 2021, HIMBARA termasuk Bank Mandiri berpartisipasi dalam penyaluran subsidi gaji yang rencananya akan disalurkan kepada 8,7 juta pekerja di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji sebesar Rp 800 miliar. Jumlah tersebut telah diberikan kepada 800 ribu pekerja. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap yakni pada 11 Agustus 2021 dan 21 Agustus 2021.

Bantuan subsidi upah ini disalurkan sebesar Rp 1 juta per pekerja untuk periode dua bulan yaitu Agustus dan September.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, saat ini Bank Mandiri tengah memproses penyaluran subsidi gaji tahap 3.Cara yang dilakukan adalah dengan membuka rekening baru sebanyak 324.545 rekening.

"Atas rekening tabungan baru yang telah terbentuk, selanjutnya oleh Kemenaker akan diverifikasi. Setelah itu Bank Mandiri akan menyalurkan dana BSU kepada penerima BSU yang lolos verifikasi Kemenaker," kata Rohan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/8/2021).

komitmen Bank Mandiri dalam program BSU dilatarbelakangi keinginan untuk menyukseskan agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) guna menjaga momentum laju pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19

Program BSU sendiri diinisiasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan melibatkan beberapa institusi lainnya seperti BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sebagai penyedia data penerima bantuan dan Bank Mandiri serta anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lainnya sebagai bank penyalur.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank HIMBARA

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Idah Fauziah dalam kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, berkesempatan mengunjungi beberapa penerima Program Bantuan Subsidi Gaji yang disalurkan Himbara.

Didampingi Regional CEO Bank Mandiri VII/Jawa 2 Dessy Wahyuni, Menaker juga bertatap muka dan berdialog dengan penerima BSU yang disalurkan Bank Mandiri. Khusus untuk Kota Semarang, total dana BSU yang telah disalurkan Bank Mandiri pada tahun 2021 sebanyak 72 Miliar.

Sejak diluncurkan pada pertengahan lalu 2020 Bank Mandiri bersama Bank HIMBARA lainnya telah menyalurkan total bantuan subsidi gaji/upah kepada 10,2 juta pekerja di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp 12,26 triliun.

Kemudian pada tahun 2021, HIMBARA kembali berpartisipasi dalam penyaluran Bantuan gaji yang rencananya akan disalurkan kepada 8,7 juta pekerja di seluruh Indonesia dengan total nilai penyaluran bantuan sebesar Rp 8,7 triliun.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.