Sukses

Miliarder Australia Tebar Bonus ke Atlet Peraih Medali di Olimpiade Tokyo 2020, Seberapa Besar?

Pandemi COVID-19 yang mempengaruhi perekonomian dan dorongan moral dalam Olimpiade Tokyo 2020 menjadi inspirasi bonus dari miliarder Triguboff.

Liputan6.com, Jakarta Atlet Australia yang berhasil meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapatkan uang tunai sebesar USD 5.000 ribu (Rp 71,2 juta) per medali. Hadiah tersebut disiapkan miliarder real estate Australia Harry Triguboff.

Tak tanggung-tanggung. Jika dijumlahkan, hadiah yang akan diberikan Triguboff sebesar USD 645 ribu (Rp 9,1 miliar).

Presiden Australian Olympic Committee (AOC) atau Komite Olimpiade Australia, John Coates menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Triguboff atas hadiah yang sama sekali tidak pernah dimintanya.

“Donasi itu diberikan per medali. Atas nama AOC dan khususnya peraih 99 medali, kami mengucapkan terima kasih, Harry,” ujar Coates.

Melansir dari The West Australian, Senin (6/9/2021), pandemi COVID-19 yang memengaruhi perekonomian dan dorongan moral dalam olimpiade menjadi inspirasi Triguboff untuk memberikan hadiah ini.

Menurut pendiri perusahaan Meriton itu, atlet yang meraih medali membuat semua orang berbahagia sehingga mereka hanya fokus untuk memikirkan para atlet meski masih berada di situasi sulit selama pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atlet Peraih Uang Tunai Terbesar

Atlet renang Emma McKeon akan mendapatkan total uang tunai terbesar. Ia berhasil memenangkan tujuh medali di Olimpiade Tokyo pada satu pertandingan.

Prestasinya tersebut menjadikan McKeon sebagai atlet yang paling berjasa dalam sejarah Australia. Uang tunai sebesar USD 35 ribu (Rp 499 juta) akan masuk ke rekeningnya.

Selain McKeon, perenang Ariarne Titmus dan Kaylee McKeown memenangkan empat medali di olimpiade. Tiap-tiap dari mereka akan mendapatkan uang tunai sebesar USD 20 ribu (Rp 285,2 juta).

Sebelumnya, AOC memberikan bonus sebesar USD 20 ribu (Rp 285,2 juta) kepada peraih medali emas. Sementara itu, peraih medali perak mendapatkan USD 15 ribu (Rp 213,8 juta) dan medali perunggu mendapatkan USD 10 ribu (Rp 142,5 juta).

Para atlet paralimpiade juga akan mendapatkan bonus dari pemerintah. Hal tersebut baru diumumkan oleh Perdana Menteri Scott Morrison pada Kamis lalu.

Biasanya, para atlet paralimpiade tidak menerima bonus saat memenangkan medali.

“Paralimpiade Australia telah menunjukkan kedisplinan, fokus, tekad, kegigihan, hingga semangat yang mewakili Australia. Kami telah melihat esensi dari olahraga yaitu tentang menjadi yang terbaik dari yang kamu bisa,” jelas Morrrison.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.