Sukses

Simak Daftar Pemenang Anugerah BCA Desa Wisata Awards 2021

Daftar pemenang diumumkan dalam acara Penganugerahan BCA Desa Wisata Awards 2021 pada Jumat (3/9/2021).

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengumumkan pemenang kompetisi BCA Desa Wisata Awards 2021. Daftar pemenang diumumkan dalam acara Penganugerahan BCA Desa Wisata Awards 2021 pada Jumat (3/9/2021).

Penyelenggaraan kompetisi desa wisata bertujuan untuk mendukung keberlangsungan pariwisata berkualitas di Indonesia melalui pembinaan desa atau komunitas di pelosok daerah.

Rangkaian kompetisi berlangsung sejak April 2021. Setelah melewati tahap seleksi, 20 finalis berhasil masuk ke dalam tahap penjurian dari total 465 pendaftar desa wisata.

Lebih lanjut, mereka juga mendapatkan pelatihan, seperti teknik presentasi, social media branding, komunikasi dan kepemimpinan, teknik foto dengan smartphone, perkembangan pariwisata Indonesia, masa depan desa wisata, dan layanan prima.

Terdapat empat kategori utama dalam kompetisi, antara lain Desa Wisata Kategori Alam, Desa Wisata Kategori Budaya, Desa Wisata Kategori Kreatif, dan Desa Wisata Kategori Digital. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah dan pendampingan mencapai Rp 600 juta.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja berharap adanya pengembangan desa wisata membuat turis lokal atau mancanegara terpesona dengan pemandangan, layanan, hingga keunikan budaya tiap-tiap desa.

“Kalau kita bicara wisata, bukan hanya sekadar mereka datang dan senang pada saat itu, tetapi bagaimana kita me-maintain, mendata seluruh customer ini untuk datang kembali. Ini adalah sesuatu yang tidak mustahil asal kita mempersiapkan diri,” kata Jahja.

Jahja juga mengajak korporasi hingga masyarakat yang mencintai Indonesia ikut membangun dan mempromosikan desa wisata. Setelah pandemi COVID-19 berakhir, masyarakat akan merasa bangga atas hasil pencapaian dari desa wisata.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemenang

Berikut adalah daftar pemenang kompetisi BCA Desa Wisata Awards 2021 dalam tiap-tiap kategori.

1. Kategori Alam

Juara 1: Desa Wisata Taro, Bali

Juara 2: Desa Wisata Bilebante, Nusa Tenggara Barat

Juara 3: Desa Wisata Nadulang, Jawa Tengah

2. Kategori Budaya

Juara 1: Desa Wisata Karangturi, Jawa Tengah

Juara 2: Desa Wisata Osing Kemiren, Jawa Timur

Juara 3: Desa Wisata Aneuk Laot, Aceh

3. Kategori Kreatif

Juara 1: Desa Wisata Ngrombo, Jawa Tengah

Juara 2: Desa Wisata Pagak, Jawa Tengah

Juara 3: Desa Wisata Semen, Jawa Timur

4. Kategori Digital

Juara Terbaik: Desa Wisata Kemuning, Jawa Tengah

Pemenang juara 1 berhak mendapatkan uang tunai dan pendampingan senilai Rp 75 juta. Lalu, juara 2 mendapatkan Rp 50 juta dan juara 3 mendapatkan Rp 25 juta.

Untuk pemenang kategori digital mendapatkan uang tunai dan pendampingan senilai Rp 35 juta.

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini