Sukses

5 Tips Cepat Kumpulkan Uang Demi Wujudkan Liburan Impian

Tidak ada yang lebih menyedihkan daripada memiliki waktu liburan beberapa minggu tetapi tidak memiliki cukup uang untuk pergi ke mana pun.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang lebih menyedihkan daripada memiliki waktu liburan beberapa minggu tetapi tidak memiliki cukup uang untuk pergi ke mana pun. Terlepas dari resolusi Tahun Baru dan beberapa bulan pertama tabungan bersama, ada kalanya kita menghabiskan semua uang yang ditabung untuk hal lain.

Ada keadaan darurat, seperti harus menggunakan uang untuk masalah kesehatan ataupun urgensi lainnya. Terlepas dari semua itu, ada beberapa cara menabung untuk liburan impian. Melansir dari laman magforwoman, inilah beberapa caranya.

1. Memiliki Rekening Tabungan Perjalanan Khusus

Pastikan akun ini tidak ditautkan ke dan independen dari akun yang lain. Dengan cara ini Anda tidak akan menggunakan uang yang disimpan untuk dibelanjakan pada hal-hal lain.

Keuntungan lain adalah ketika bepergian, Anda juga tidak akan mengambil uang dari rekening yang lain. Anda hanya akan menghabiskan apa yang dimiliki. Tentu saja, ini akan berhasil jika kita meninggalkan kartu lain dan hanya membawa kartu rekening tabungan yang diperlukan.

2. Transfer Uang Secara Otomatis ke Akun Perjalanan

Jika tidak percaya diri untuk menyimpan uang setiap bulan dan kemudian memasukkannya ke dalam rekening, buatlah kesepakatan dengan bank.

Berikan instruksi agar sejumlah uang secara otomatis ditransfer setiap bulan ke rekening perjalanan. Setelah beberapa saat mungkin Anda tidak akan menyadari bahwa sedang menabung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Celengan

Kedengarannya seperti apa yang akan dilakukan seorang anak kecil, tetapi jika Anda benar-benar mengosongkan kantong uang receh setiap malam ke dalam celengan atau toples acar dan tidak mengambil apa pun darinya selama setahun, Anda akan terkejut melihat berapa banyak uang yang telah terakumulasi.

4. Menambah celengan

Jika menambahkan jumlah yang sama dengan uang kembalian yang dimasukkan ke dalam celengan, Anda akan memiliki lebih banyak uang.

Ini membutuhkan ketegsan dari dalam diri sendiri. Bukan uang, tetapi perlawanan untuk tidak menaruh uang dan perlawanan untuk menghindari godaan dan mengambil uang tersebut.

5. Menahan Godaan untuk Berbelanja Lebih Banyak

Jika Anda sedang menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di mall, sebisa mungkin tahanlah godaan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak penting. Tahanlah untuk tidak lapar mata.

Alih-alih memikirkan hal-hal yang dapat Anda beli pada saat liburan atau tempat lain yang mungkin dapat Anda kunjungi dengan uang itu.

Setelah menetapkan pikiran untuk itu dan mulai menabung, Anda akan terbiasa dan tidak akan merasa melakukan upaya khusus untuk menabung untuk liburan.

 

3 dari 5 halaman

Sebelum Liburan, Simak 6 Tips Atur Duit Biar Tak Boros

Liburan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Demi membuat diri merasa bahagia dan kondisi keuangan tetap stabil, ada baiknya tiap orang perlu merencanakan anggaran lebih dulu sebelum pergi berlibur.

Hal demikian terbilang cukup penting karena beberapa orang merasakan ingin liburan tetapi tidak merencanakan anggarannya. Kemudian entah berapa besar uang yang dikeluarkan olehnya selama berlibur tersebut.

Alhasil setelah menikmatinya, ternyata kondisi keuangan justru kian memburuk. Hal-hal seperti itulah yang perlu Anda cegah.

Melansir laman CNBC, Sabtu (27/11/2021), berikut ini 6 tips untuk Anda yang ingin merencanakan anggaran liburan supaya pengeluaran tidak berlebihan.

1. Buat Anggaran Pengeluaran dengan Jelas dan Ringkas

Jangan terlalu rumit membuat anggaran. Jika anggaran terlihat terlalu menakutkan atau tidak praktis, Anda cenderung akan melanggarnya.

“Tempatkan anggaran praktis dan tetap sederhana sehingga Anda dapat dengan mudah tetap di atas keuangan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses,” saran manajer senior dan CFP di Sofi Brian Walsh.

Dalam membuat anggara, Anda bisa memperhitungkan jumlah yang ingin dibelanjakan per orang untuk hadiah, daftar biaya perjalanan atau bahan makanan, dan nominal yang Anda alokasikan untuk dibelanjakan untuk pribadi. Setelah merencanakan hal tersebut, kemudian buatlah rancangan kasar pengeluarannya.

“Buat daftar pengeluaran yang Anda antisipasi dan tetapkan jumlah untuk masing-masing. Jika Anda bisa, buat daftar Anda secara terperinci, termasuk hadiah apa yang Anda rencanakan untuk dibeli dan untuk siapa,” saran kepala produk konsumen dan bisnis kecil di Bank of America Mary Droesch.

Tambahnya, dengan menguraikan secara spesifik akan membantu Anda menghindari pemborosan anggaran yang tidak diperlukan.

2. Meminimalkan Biaya

Dalam merencanakan anggaran, pertimbangkan kembali ketika Anda memilih satu dari dua hal, yaitu membeli tiket pesawat yang mahal atau menyewa kendaraan untuk perjalanan selama berlibur.

“Musim liburan banyak yang menantikan berkumpul kembali dengan orang yang dicintai, tetapi biaya perjalanan bisa menjadi lebih mahal ketika Anda menambahkan biaya sewa mobil (belum lagi kekurangan kendaraan sewa), ketersediaan penerbangan yang sulit, dan cuaca yang tidak terduga,” kata wakil presiden eksekutif e-commerce di Advance Auto Parts Jason McDonell.

Membuat rencana perjalanan, mengumpulkan barang-barang penting selama perjalanan (seperti kabel jumper dan kotak P3K), hingga memastikan kendaraan dalam kondisi yang baik, adalah kunci keberhasilan perjalanan darat yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang, kata McDonell.

4 dari 5 halaman

3. Cari Bantuan dari Seseorang

Seorang teman mungkin bisa membantu Anda untuk merencanakan anggaran liburan. Bahkan kata Walsh, dapat membantu Anda bertanggung jawab hingga mengurangi pengeluaran.

“Teman yang membantu untuk membuat anggaran Anda bisa siapa saja mulai dari orang yang profesional di bidang keuangan hingga anggota keluarga,” tuturnya.

Selama liburan, dukungan seperti ini setidaknya dapat membantu Anda membuat keputusan keuangan yang baik. Lebih dari itu, bahkan bisa membuat Anda tetap pada jalur pengeluaran. Jadi, ketika sanubari Anda tergoda untuk melakukan pembelian dengan harga yang mahal hingga terjadi pemborosan, ada teman tersebut yang bisa mengingatkan Anda.

“Memiliki teman anggaran untuk tujuan jangka pendek juga dapat membantu membangun kebiasaan keuangan yang sehat yang dapat mengarahkan Anda untuk mengatasi hambatan yang lebih besar di masa depan,” kata Walsh.

4. Tinjau Pengeluaran Liburan Tahun Lalu

Untuk membuat rencana anggara liburan tahun ini, Anda perlu lebih dulu meninjau pengeluaran liburan tahun sebelumnya. Sebab, barang kali Anda masih menyisakan tagihan yang belum terbayarkan dari liburan sebelumnya.

“Dalam menentukan anggaran untuk liburan, saya pribadi suka menginventarisasi apa yang terjadi tahun sebelumnya dan memungkinkan itu membantu saya menyusun anggaran untuk tahun ini,” kata penasihat keuangan di TF Wealth Advisors dari Kolombia Tania C. Foster.

Di luar tagihan, pikirkan kembali dan putuskan apakah semua pengeluaran itu sepadan atau tidak.

5 dari 5 halaman

5. Sebelum Menerapkan, Pahami Cara Belanja “Beli Sekarang, Bayar Nanti"

Jika Anda berencana untuk menggunakan sistem pembayaran “beli sekarang, bayar nanti”, pahami dulu istilahnya dengan jelas, kata Chief People Officer Credit Karma Colleen McCreary.

“Lebih mudah untuk membeli suatu barang bahkan tanpa memikirkan implikasi dari pembelian tersebut. Ini adalah keterputusan antara melakukan pembelian dan benar-benar membayarnya di mana konsumen bisa mendapat masalah,” jelasnya.

Sebelum menerapkannya, pastikan Anda mengetahui ketentuan dari sistem ini. “Ini adalah tagihan lain yang harus diingat konsumen untuk membayar — untuk beberapa hal itu terjadi karena lupa melakukan pembayaran versus tidak benar-benar memiliki dana,” lanjutnya.

McCreary menambahkan, ini juga bisa menjadi pilihan yang baik, tapi pastikan untuk membayarnya dengan tepat waktu.

6. Pantau Pengeluaran

Salah satu alat yang efektif untuk mengelola uang selama liburan tidak berasal dari dompet, tetapi dari ponsel Anda sendiri.“Aplikasi mobile banking memudahkan Anda melacak di mana Anda menyimpan uang Anda,” kata kepala produk digital di Chase Sonali Divilek.

Di samping itu, Anda perlu tetap menyiapkan pemberitahuan dan peringatan. Hal ini berguna sebab melalui aplikasi keuangan juga sering terjadi beberapa masalah mengenai akun rekening. Dengan pemberitahuan tersebut, Anda bisa mengetahui apa masalahnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.