Sukses

Beragam Upaya Chandra Asri Bantu Penanganan Covid-19

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) terus menunjukkan kontribusinya di masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) terus menunjukkan kontribusinya di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, khusus 2020-2021, perusahaan menitik beratkan dukungan bagi masyarakat yang terkena dampak langsung dari pandemi Ccovid-19 dalam skala nasional serta di area perusahaan beroperasi.

Chandra Asri juga menjamin ketersediaan bahan baku APD dalam negeri melalui produk PP Trilene HS35NW, untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis yang menjadi garda depan dalam penanganan Covid-19.

Perusahaan pun berkolaborasi dengan PT Duaroda Saranatama dalam mengembangkan Carrier Box Vaccine untuk keperluan distribusi vaksin jarak dekat, yang bertujuan mendukung strategi prioritas dari Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Selain itu juga turut memberikan bantuan oksigen medis sebanyak 420 ton, yang setara untuk 61.500 tabung ukuran 6M3 untuk rumah sakit di wilayah DKI Jakarta dan Banten, serta berbagai kontribusi lainnya.

"Dalam menjalankan tanggung jawab perusahaan, Chandra Asri berkomitmen pada 3 prinsip: People, Planet, Profit dengan mengadopsi pendekatan Environment, Social, and Governance (ESG). Memulai perjalanan bisnis yang berkelanjutan, Chandra Asri terus meningkatkan kinerja dan menciptakan kehidupan yang harmonis dengan masyarakat sekitar dan lingkungan," kata VP of Corporate Relations and Sustainability Chandra Asri, Edi Rivai dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Chandra Asri terus berkomitmen untuk mengedepankan upaya-upaya keseimbangan antara keberlanjutan bisnis dengan tanggung jawab sosial perusahaan melalui empat pilar yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi serta sosial dan lingkungan. Selain itu Chandra Asri berkomitmen penuh pada program berkelanjutan terutama pengelolaan sampah plastik.

Salah satunya dengan ikut serta dalam Forum Indonesia National Plastic Action Partnership (NPAP), yang bertujuan mengurangi sampah plastik di laut hingga 70 persen pada 2025. Sistem berkelanjutan ini penting untuk mempertahankan keberlangsungan lingkungan, sosial dan manajemen serta 3 aspek utama perusahaan People, Planet, Profit.

"Bentuk nyata yang Chandra Asri lakukan dalam mendukung program pengelolaan sampah plastik, dimulai dengan edukasi perubahan perilaku dalam program World Clean Up Day dan Aksi Bersih Pantai Paku yang diikuti lebih dari 336 peserta dan berhasil mengelola 26.636 Kg sampah plastik," jelas Edi Rivai.

Selain itu, kata Edi Rivai, perusahaan juga ikut berkontribusi dalam menciptakan Ekosistem Pengelolaan Sampah Plastik, dimulai dari pemilahan dan pengumpulan sampah plastik, pemprosesan sampah plastik 1.456 Kg sampah plastik menjadi 1.287 liter BBM hingga pendistribusian manfaat untuk masyarakat.

"Chandra Asri juga berkontribusi dalam pembangunan jalan aspal plastik, pada tahun 2020 telah dilakukan di sepanjang 42,74 km dan mengelola sampah plastik sebanyak 234,1 ton," ungkap Edi Rivai.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih 3 Penghargaan

Chandra Asri pun berhasil meraih 3 penghargaan dalam ajang Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (ICSRA) 2021. Acara ini diselenggarakan oleh oleh majalah Economic Review.

VP of Corporate Relations and Sustainability Chandra Asri, Edi Rivai, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Economic Review dalam ajang ICSRA-IV 2021.

Penghargaan ini menjadi salah satu bukti bagi Chandra Asri yang terus mengedepankan penerapan ISO:26000, yang memiliki tujuan nyata untuk pembangunan berkelanjutan dan sejalan dengan SDGs 2030 dalam menjalankan tanggung jawab perusahaannya.

Tiga penghargaan tersebut adalah The Best Indonesia – CSR Senior Leader 2021 untuk kategori Industri Non Finance – Public Company yang diraih oleh VP of Corporate Relations and Sustainability Chandra Asri Edi Rivai, Juara Umum peringkat dua Best of the Best CSR of The Year 2021, dan peringkat kedua The Best CSR of The Year 2021 untuk kategori Public Company for Industry.

Penghargaan ini disampaikan di acara puncak penghargaan CSR terkemuka dan bergengsi tingkat nasional, ICSRA 2021, di Bali pada Jumat (27/8/2021) lalu, yang mengangkat tema "Awakening During The Covid-19, Pandemic 2021".

ICSRA IV 2021 merupakan apresiasi tertinggi kepada perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia, baik dalam kategori Tbk maupun Private yang memiliki program-program CSR yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerimanya.

Sebelumnya juga telah dilakukan proses penjurian secara obyektif oleh Dewan Juri Independen yang berkompeten serta independen di bidang CSR.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.