Sukses

Melonjak 1 Persen, Harga Emas Tembus Level USD 1.800 per Ounce

Harga emas di pasar spot gold naik 1,4 persen menjadi USD 1.817,21 per ons

Liputan6.com, Jakarta Harga emas melambung lebih dari 1 persen pada perdagangan Jumat setelah Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell berhenti memberi sinyal ketika bank sentral akan mulai menarik dukungan ekonominya dan menegaskan kembali pandangannya bahwa lonjakan harga saat ini bersifat sementara.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (28/8/2021), harga emas di pasar spot gold naik 1,4 persen menjadi USD 1.817,21 per ons. Sedangkan harga  emas berjangka AS ditutup naik 0,9 persen pada USD 1.819,50.

“Mereka tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat dan pembicaraan lancip tidak akan kembali bermain sampai laporan pekerjaan minggu depan. Itu membuka jalan bagi emas, dan saat menembus di atas USD 1.800, emas mengincar level resistance berikutnya di sekitar USD 1.820,” kata Phillip Streible, Kepala Strategi Pasar di Blue Line Futures, Chicago.

Dalam pidato virtual di konferensi ekonomi Jackson Hole, Powell mengisyaratkan The Fed akan tetap sabar dan mengulangi bahwa ia ingin menghindari mengejar inflasi sementara dan berpotensi menghambat pertumbuhan pekerjaan dalam proses - pertahanan yang berlaku dari kebijakan Fed saat ini.

“Menguatkan emas, Powell menggunakan 'perisai' Delta untuk mengulur waktu untuk data ketenagakerjaan yang lebih banyak sebelum pengumuman penurunan. Jelas bahwa Fed tidak akan membuat pengumuman lancip sampai September atau idealnya November, " kata seorang pedagang yang berbasis di New York.

Harga emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil dan mendorong dolar.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dolar Melemah

Meminjamkan dorongan lebih lanjut ke emas, patokan imbal hasil Treasury AS dan dolar melemah setelah komentar Powell.

"Anda memerlukan laporan pekerjaan minggu depan untuk menunjukkan penurunan, kebangkitan varian Delta atau risiko geopolitik dengan lebih banyak berita datang dari Afghanistan agar emas menembus jauh lebih tinggi," kata Streible.

Ditempat lain, harga perak naik 2,2 persen menjadi USD 24,05 per ounce, menuju minggu terbaik sejak Mei.

Harga platinum melonjak 3,2 persen menjadi USD 1.010,73 per ounce, sementara paladium naik 0,8 persen menjadi USD 2.411,54.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.