Sukses

Proyek KA Bandara Yogyakarta Serap 556 Tenaga Kerja Padat Karya

Sosialisasi Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport atau KA Bandara YIA dimulai pada hari ini 27 Agustus hingga 17 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sosialisasi Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport atau KA Bandara YIA dimulai pada hari ini 27 Agustus hingga 17 September 2021. Proyek yang memakan biaya hingga Rp 1,1 triliun ini dalam pengerjaannya melibatkan sekitar 556 tenaga kerja padat karya.

Keterlibatan 556 tenaga kerja dalam program padat karya tersebut untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian khusus.

"Saya pikir ini adalah visi misi Presiden yang kita teruskan, kita tetap bergerak di masa pandemi. Kita tidak berhenti, bahkan memberikan kesempatan padat karya," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara soft launching pengoperasian KA Bandara Yogyakarta pada Jumat (27/8/2021).

Kehadiran kereta api ini disebut bisa memangkas waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi sekitar 40 menit. Stasiun YIA ini terhubung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta untuk mengakomodir penumpang pesawat yang menggunakan angkutan kereta api.

"Makanya nanti kalau bisa link 40 menit dan ini membuat orang ke Yogyakarta semakin betah.Oleh karena itu, kita sepakati dimulainya soft opening, nanti kalau pandemi sudah menurun, kita baru buat promosi yang besar," sambung Budi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangkaian Pengujian

Sebelum beroperasi, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub telah melakukan serangkaian pengujian dari prasarana hingga sinyal. Pengoperasian secara komersial direncanakan dimulai setelah 17 September 2021.

Sebelumnya, telah dilakukan tahapan simulasi operasi sejak 17 Agustus sampai 26 Agustus 2021. Kemudian sosialisasi mulai hari ini, 27 Agustus hingga 17 September 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.