Sukses

Rosan P Roeslani, Mantan Ketua Umum Kadin Jadi Dubes AS

Mantan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mendapat penugasan baru dari Pemerintah Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani diangkat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS). Hal ini diketahui dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (25/8/2021).

Dalam surat keterbukaan informasi yang disampaikan oleh PT Bumi Resources Tbk (BUMI), yang merupakan perusahaan induk pertambangan, tertulis bahwa Presiden Komisaris Perseroan yakni Rosan Roeslani mengundurkan diri.

Pengunduran diri dilakukan sebagai pemenuhan terhadap Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik.

“Melalui surat ini kami sampaikan bahwa pada tanggal 24 Agustus 2021 Perseroan telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Rosan Perkasa Roeslani sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen Perseroan,” tulis keterbukaan informasi tersebut.

Dijelaskan, pengunduran diri yang dilakukan Mantan Ketua Umum Kadin Indonesia itu karena Rosan mendapat penugasan baru dari Pemerintah Republik Indonesia, untuk menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

“Sebagai proses lebih lanjut atas pengunduran diri Komisaris Perseroan tersebut, kami akan melaksanakan proses sebagaimana yang diatur dalam Anggaran Dasar Perseroan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Rosan mengakui bahwa dirinya mundur dari Bumi Resources, "Iya mundur," jelas dia. 

Penunjukan Rosan sebagai Dubes RI untuk Amerika Serikat pun dibenarkan oleh Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman. Namun, dirinya belum memastikan kapan Rosan akan resmi dilantik Presiden Jokowi.

"Satu batch dengan saya. Beliau di AS, saya di Kazakhstan. Kami menunggu pelantikan dari Presiden," ungkap Fadjroel kepada Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Nama

Sebelumnya, keluar daftar nama yang akan menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) beredar. Salah satunya adalah mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani.

Rosan akan memimpin KBRI di Washington DC, Amerika Serikat. 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah, ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum bisa memberikan tanggapan. Pasalnya, dalam praktik diplomasi nama-nama calon Dubes tidak dibuka ke publik.

"Dalam praktik diplomasi, nama-nama calon Dubes tidak dibuka ke publik dan lazimnya sampai diperoleh persetujuan dari negara yang dituju atas calon Dubes tersebut," kata Faizasyah saat dihubungi Liputan6.com pada Sabtu (20/2/2021).

Berdasarkan informasi yang beredar, daftar tersebut berisi 32 nama perwakilan Indonesia di luar negeri. Tiga diantaranya adalah Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.