Sukses

Menko Luhut Siapkan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas untuk KTT G20

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah menyiapkan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (5 DPSP) sebagai bagian dari rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 pada 2022.

Persiapan dilakukan termasuk dengan membangun fasilitas kesehatan, telekomunikasi dan infrastruktur.

"Tujuan utama dalam peningkatan kualitas di 5 DPSP berfokus pada peningkatan fasilitas kesehatan, integrasi data berbasis sistem informasi geografis dan ketersediaan infrastruktur," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari keterangannya pada Rabu (25/8/2021).

Ia menekankan pentingnya persiapan 5 DPSP sebagai bagian dari rangkaian acara KTT G20 pada tahun depan. Lima destinasi pariwisata super prioritas adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

"G20 ini akan menjadi ajang pertunjukan bagi peserta dan wisatawan terhadap destinasi pariwisata berkualitas, yang bertumpu pada pelestarian lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pemuliaan nilai-nilai tradisional," jelas Luhut.

Terkait dengan fasilitas kesehatan, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan tentang peningkatan sebaran Puskesmas dan Rumah Sakit di 5 DPSP, serta digencarkannya vaksinasi.

"Vaksinasi di 5 DPSP melalui data Kemenkes, yang sudah tinggi di wilayah Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. Sementara yang masih rendah di daerah Jawa Tengah, NTT dan NTB," tutur Budi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infrastruktur Telekomunikasi

Selanjutnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengungkapkan bahwa pemerintah juga tengah mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Terkait dengan akses internet, di Mandalika telah dibangun 74 titik, Labuan Bajo 153 titik, Danau Toba 123 titik, Borobudur 1 titik dan Likupang 7 titik," ungkapnya.

Seluruh kementerian dan lembaga terkait disebut akan berkoordinasi dan bersinergi, untuk memastikan percepatan pembangunan dan peningkatan kualitas di 5 DPSP berjalan secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.