Sukses

Harga Emas Stabil di Atas USD 1.800 Imbas Lonjakan Kasus Covid-19 Global

Harga emas stabil di atas USD 1.800 pada perdagangan hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta Harga emas berkonsolidasi di atas USD 1.800 pada hari Selasa karena beberapa investor bertaruh lonjakan baru-baru ini dalam kasus Covid-19 dapat menjauhkan Federal Reserve AS dari mengumumkan pada simposium Jackson Hole bahwa ia berencana untuk mengurangi dukungan ekonominya.

Dikutip dari CNBC, Rabu (25/8/2021), harga emas di pasar spot stabil di USD 1.804,99 per ons pada 13:47. ET, setelah sebelumnya mencapai level tertinggi sejak 5 Agustus. Harga emas berjangka AS ditutup naik 0,1 persen pada USD 1,808,90.

"Kepemilikan pasar telah berputar dari pemikiran The Fed akan bersandar hawkish di simposium Jackson Hole ke salah satu virus corona yang membuat The Fed tidak melakukan apa pun secepat yang mereka inginkan, dan bahkan mungkin tahun ini," kata Jim Wyckoff. analis senior di Kitco Metals.

Mencerminkan dampak ekonomi dari virus tersebut adalah data yang menunjukkan pertumbuhan aktivitas bisnis AS melambat pada Agustus.

"Apa yang mungkin sensitif terhadap pasar emas adalah Fed mungkin mulai mengatakan inflasi tidak sementara seperti yang diperkirakan dan itu dapat mendorong mereka untuk memperketat kebijakan di masa depan, meskipun dampak virus harus mengesampingkan kekhawatiran inflasi untuk saat ini."

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, sementara kenaikan suku bunga meningkatkan biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Emas

Fawad Razaqzada, analis pasar di ThinkMarkets, juga mencatat bahwa $1.805-$1.810 signifikan untuk emas karena garis tren bearish bertemu dengan rata-rata 200 hari di sana.

"Kita mungkin melihat potensi penurunan, paling tidak pada aksi ambil untung, ke support berikutnya di sekitar $1.795 dan jika emas mencapai terendah Senin di $1776, itu dapat memicu penjualan teknis baru."

Kenaikan terbaru emas terjadi meskipun ada arus keluar dari dana yang diperdagangkan di bursa.

"Meskipun cegukan jangka pendek terhadap aktivitas ekonomi adalah risiko yang harus diperhatikan, resesi baru, membawa dukungan abadi untuk emas, tampaknya masih sangat tidak mungkin," kata Carsten Menke, kepala Riset Generasi Berikutnya, Julius Baer, ​​dalam sebuah catatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.