Sukses

Menko Luhut: Kena Covid-19 Itu Bukan Aib

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan atau Menko Luhut meminta agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, sebab virus Covid-19 bisa menyerang siapa saja.

Luhut pun bercerita bahkan keluarganya sudah tertular Covid-19. Oleh karena itu, dia mengingatkan jangan menyepelekan virus covid-19 ini karena penularannya sangat cepat.

“Kita jangan bermain-main disini, virus ini akan menyerang siapa saja, ini virus bukan aib, tidak! Karena semua bisa kena, saya punya anak, cucu, mantu semua kena, ya mau diapain, At the end, kalau kita tidak disiplin ya pasti kita korbannya,” kata Luhut dalam RAKORNAS APINDO ke-31, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, meski konfirmasi kasus covid-19 di Indonesia mengalami penurunan, namun dirinya meminta semua pihak untuk jangan jumawa ketika mampu menurunkan kasus harian, disaat negara lain masih mengalami peningkatan.

“Kalau kita lihat sekarang Indonesia mampu menurunkan kasus harian di saat negara lain masih mengalami peningkatan.  Kasus konfirmasi harian dan kasus aktif di Jawa-Bali telah turun signifikan tapi kita harus super hati-hati, tidak bisa kita Jumawa seolah ini selesai,” tegasnya.

Menurutnya, belajar dari pemimpin di banyak negara lain yang mengklaim sudah bisa mengendalikan pandemi covid-19 di negaranya, namun ternyata negara mereka terkena pandemi lagi, dia berharap Indonesia tidak seperti itu.

“Banyak negara lain yang atasan mereka mengendalikan ternyata juga kena lagi. Dan kita tidak mau seperti itu oleh karena itu langlah-langkah harus kita lakukan pembukaan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimis

Dengan demikian, Pemerintah ke depannya akan lebih fokus dalam pengendalian Covid-19 melalui pengetatan 3M, 3T, dan pengurangan durasi kontak. Dia optimis angka kasus Covid-19 bisa terus ditekan.

Selain itu, untuk meningkatkan pelacakan konfirmasi covid-19, Pemerintah akan terus mengoptimalisasikan penggunaan aplikasi peduli Lindungi. Sehingga pergerakan orang yang positif covid-19 bisa terlacak.

“Ini akan menceritakan kalau ada yang tertular atau ketemu siapa saja di sekitar anda. handphone ke handphone akan main," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.
    Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.

    Menko Luhut

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19