Sukses

Fantastis! Buku Manual Apple II Bertandatangan Steve Jobs Laku Dilego Rp 11,3 Miliar

Steve Jobs pada 1980 menuliskan di buku manual setebal 196 halaman itu sebuah dengan kalimat. Apa bunyinya?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda hanya sekadar menyimpan atau membuang buku manual setelah membeli sebuah produk. Akan tetapi, berbeda dengan buku manual Apple II.

RR Auction, rumah pelelangan di Boston, mengumumkan buku yang ditandatangani oleh Steve Jobs tersebut berhasil dijual dengan harga USD 787.484 (Rp 11,3 miliar).

Melansir dari CNN Business, Selasa (24/8/2021), buku manual juga ditandatangani oleh Mike Markkula, seorang investor awal di Apple dan CEO Apple lainnya selain Jobs.

RR Auction menjelaskan bahwa tanda tangan ini dibuat saat mereka berada di Inggris untuk mempromosikan Apple.

Steve Jobs pada 1980 menuliskan di buku manual setebal 196 halaman itu dengan kalimat yang berbunyi, "Julian, generasi Anda adalah generasi pertama yang tumbuh dengan komputer. Pergi dan ubahlah dunia!”

Penerima buku manual Apple II adalah Julian Brewer, putra seorang pengusaha yang bekerja sama dengan Apple untuk mendistribusikan produknya di Inggris.

"Saya sedang duduk di kamar, menulis permainan di Apple II ketika Ayah memanggil saya untuk menemui beberapa tamu," kata Brewer.

Kemudian, ia melanjutkan, "Saya takjub karena mereka adalah Steve Jobs dan Mike Markkula. Saya membawa manualnya dan kemudian menyadari betapa jarangnya Jobs menandatangani apa pun. Dia berteman baik dengan Ayah, jadi saya merasa tulisan itu dibuat dengan hati-hati."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apple II: Produk Pertama Perusahaan yang Sukses

Apple II yang diluncurkan pada 1977 adalah produk pertama perusahaan yang sukses dan umumnya dianggap sebagai salah satu komputer pertama untuk pasar massal.

Spreadsheet komputer pertama, VisiCalc, ditulis untuk Apple II pada 1979 dan memperluas popularitas komputer ke pasar bisnis.

"Apple I ditujukan terutama untuk para penghobi, dengan jumlah yang dibuat kurang dari 200 unit. Sementara itu, Apple II benar-benar mengubah dunia dengan memberikan kepada sekitar 6 juta rumah dan bisnis perasaan pertama kalinya dalam penggunaan komputasi pribadi,” jelas RR Auction.

Pendapatan Apple II berhasil mendukung keberhasilannya di IPO teknologi terbesar saat itu.

RR Auction juga menjual barang-barang lain yang terkait dengan Jobs dan Apple, termasuk surat yang ditandatangani Jobs yang menyatakan, "Saya khawatir saya tidak menandatangani tulisan sendiri."

Surat itu dijual dengan harga USD 479.939 (Rp 6,9 miliar).

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.