Sukses

Serikat Pekerja Angka Bicara Soal Gugatan Pailit Pan Brothers

Serikat Pekerja Pan Brothers gugatan kepailitan dicabut demi kepentingan lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT Pan Brothers Tbk angkat bicara terkait langkah PT Maybank Indonesia dalam upaya mempailitkan Pan Brothers melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

SPN Pan Brothers pun menyesalkan gugatan pailit tersebut. Ketua SPN Pan Brothers Rukati mengatakan, SPN PanBrothers meminta Maybank Indonesia untuk memikirkan ulang bahkan mencabutgugatan kepailitannya serta lebih mengedepankan kepentingan yang lebih besarseperti hajat hidup tenaga kerja, pemulihan ekonomi dan mendorong nilai eksporproduk garment secara nasional.

Gugatan kepailitan ini diajukan oleh Maybank Indonesia pada 4 Agustus 2021 diPengadilan Negeri Jakarta Pusat, setelah sebelumnya gugatan PKPU juga oleh Maybank Indonesia telah ditolak majelis hakim PN Niaga Pusat.

Hal ini dianggap dapat mengganggu proses restrkturisasi yang saat ini dilakukan perusahaan dandapat membahayakan kelangsungan bisnis perusahaan dan berdampak kepadasekitar 33.000 tenaga kerja yang ada di Pan Brothers.

Dia mengatakan bahwa atas nama seluruh anggota SPN Pan Brothers pihaknya meminta Maybank Indonesia untuk mencabut gugatan pailit demi kepentingan lebih besar.

"Selain itu, kami juga memohon perhatian kepada Pemerintah Republik Indonesia khususnya Kementerian Perindustrian danKementerian Tenaga Kerja agar dapat melindungi mata pencaharian tenaga kerja diperusahaan garment beriorientasi ekspor terbesar di Indonesia ini," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (23/8/2021).

PBRX adalah perusahaan publik produsen garmen terbesar di Indonesia berdasarkan kapasitas terpasang dengan jumlah tenaga kerja per 31 Desember2020 sejumlah 30.508 karyawan, per 31 Maret 2021 sejumlah 31.473 karyawan dan per 30 Juni 2021 sejumlah 32.825 karyawan di 25 pabrik di seluruh Indonesia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesepakatan Restrukturisasi

Di tengah upayanya untuk mencapai kesepakatan restrukturisasi, operasional PanBrothers tetap berjalan dengan baik, meskipun menghadapi tantangan yang sulitkarena siklus konversi kas yang memanjang di seluruh industri, terutamadisebabkan oleh pandemi COVID19, dan pengurangan trade line yang signifikan.

Di tengah situasi yang tidak menguntungkan ini, Perseroan berhasil meningkatkanpenjualan sebesar 4% menjadi USD 126,2 juta pada kuartal I-2021 dibandingkandengan kuartal I-2020.

"Perusahaan selama ini telah menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh bankkreditur. Mayoritas pemberi pinjaman modal kerja juga telah mendukung denganmenyetujui proposal yang diajukan oleh perusahaan dan sedang dalam prosespersetujuan kredit, meskipun proses sempat terhambat karena pengajuan PKPU Maybank yang lalu.

"Kami berharap, jangan karena satu kreditur modal kerjaseperti Maybank yang hanya memiliki 3 persen dari total kredit perusahaan, semuastakeholder perusahaan termasuk 33.000 tenaga kerja, dan kreditur lain jadiberisiko serta dipertaruhkan posisinya," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.