Sukses

Ketahui 7 Rahasia buat Jadi Jutawan di Usia Muda

Ketahuilah tujuh sikap yang dilakukan para jutawan sehingga impiannya itu dapat terwujud.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bekerja keras semasa hidupnya. Menabung, berhemat, dan berharap menjadi seorang jutawan ketika mencapai masa pensiun.

Tapi di samping itu, ada pula seseorang yang berambisi ingin menjadi jutawan sebelum usianya 30 tahun. Bagaimana bisa?

Harapan dan impian itu bisa saja terwujud asalkan memiliki tekad yang kuat dan harus bekerja keras. Sebetulnya itu saja tidak cukup.

Ada rahasia lain di balik itu semua dan tentunya bukan soal keberuntungan saja. Sebelumnya seorang jutawan pasti melakukan hal-hal yang luar biasa hingga akhirnya keinginannya itu terwujud.

Dikutip dari laman Enterpreneur, Selasa (24/08/2021), ketahuilah tujuh sikap yang dilakukan para jutawan sehingga impiannya itu dapat terwujud.

1. Bermimpi besar dan bertindak

Seorang jutawan yang berhasil mereka lebih awal memiliki rasa urgensi. Tidak ada yang bisa menghentikan ide dan hasrat mereka untuk bertindak. Sebab, seorang jutawan yang berhasil adalah mereka yang bermimpi besar dan banyak bertindak untuk mewujudkannya.

Mereka melihat dunia dalam cahaya baru dan mempelajari berbagai cara untuk bisa berbeda dan lebih baik. Kemudian, itulah yang mereka kejar hingga akhirnya keinginannya terwujud. Mereka tidak menunggu keinginannya itu terjadi dengan sendirinya. Akan tetapi mereka menangkap peluang dan mencapai tujuannya tersebut.

Tidak ada seorang jutawan muda membiarkan zona nyaman menguasai dirinya. Jika Anda ingin menjadi jutawan, jagalah ambisi agar tetap tinggi. Jika merasa ingin menunda kembali tujuan tersebut, Anda bisa sejenak coba memvisualisasikan impian besar dan tujuan akhir. Bayangkan kembali segala kemungkinan dan peluang yang menanti di depan Anda. Mulailah brainstorming untuk membantu mewujudkan keinginan Anda itu.

Perlu diketahui pula bahwa memiliki impian besar adalah langkah awal menuju kesuksesan. Oleh karena itu, Anda perlu membangun strategi untuk sampai pada kesuksesan tersebut. Teruslah bergerak maju menuju tujuan. Selain itu, ketekunan pun adalah kunci untuk mewujudkannya.

2. Terus belajar dan mencari bimbingan

Jutawan muda cenderung mengakui bahwa mereka tidak mengetahui banyak hal. Mereka sangat menghargai nilai dalam pengalaman dan hal-hal baru yang didapatkan.

Selain itu, mereka pun mengesampingkan ego dan terus ingin belajar segala cara. Hal itu dilakukan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan diri sendiri. Di samping itu, juga untuk menghindari hal-hal yang mungkin diragukan ketika sedang berjuang.

Seorang mentor yang baik pasti akan ada untuk membimbing. Dengan berbagai wawasan dan perspektif tentang penawaran dan permintaan pasar, serta cara mengatasi pasang surut, mentor akan membantu mewujudkan impian seseorang menjadi seorang jutawan.

Pendampingan adalah salah satu elemen yang penting dalam membantu para wirausahawan muda mengatasi tantangan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahasia Lainnya

3. Intuitif dan kreatif

Para jutawan muda yang sukses sering mengandalkan intuisi dan otak rasionalnya. Mereka merasakan sesuatu dan mengikutinya berdasarkan sinyal yang diberikan oleh suara hati.

Dalam hal ini ilmu kognitif berperan untuk membuat keputusan secara tidak sadar. Situasi seperti ini lebih mengedepankan emosi dan perasaan dibanding pemahaman rasional.

Akhirnya para jutawan muda belajar memercayai momen-momen inspirasional dan mengikuti intuisi kreatifnya. Kemudian mereka bekerja untuk memecahkan masalah tersebut menjadi rencana strategis yang lebih besar.

4. Mengatur jalan sendiri dan tidak melihat ke belakang

Mereka yang meraih kesuksesan menjadi seorang jutawan muda bukan tipe orang yang dapat mengambil jalan dengan asal. Mereka mengatur jalannya sendiri dan cederung mengambil langkah yang mampu memberikan perubahan.

Para jutawan muda lebih suka mengejar impian daripada khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentangnya. Bahkan mereka tegas menolak untuk membatasi diri dari tujuan orang lain.

Jutawan muda memiliki tekad yang kuat untuk menjalani hidupnya sendiri dengan aturan yang sudah dibuatnya sendiri. Mereka tidak membuang-buang waktu untuk mengkhawatirkan pendapat orang lain.

Akan tetapi bukan berarti mereka egois. Meskipun jutawan muda cenderung mandiri, mereka juga menawan dan ramah. Lagi pula, tidak mungkin menjadi orang yang sukses apalagi jutawan tanpa perlu bantuan orang lain.

5. Berkembang dalam pengetahuan

Tidak semua jutawan muda memiliki pendidikan, tetapi keinginan mereka semua sama yaitu ingin terus belajar dan mengetahui banyak hal.

Seperti pepatah mengatakan, pengetahuan adalah kekuatan. Dedikasi dan cinta belajar sangat penting ketika ingin menjadi seorang jutawan di usia berapa pun.

Jika ingin menjadi jutawan muda bahkan di bawah usia 30 tahun, buatlah kebiasaan baik. Misalnya membiasakan diri untuk membaca setidaknya 30 menit setiap harinya. Ini akan membantu meregangkan otot-otot intelektual, menjaga pikiran tetap tajam, serta mampu mendorong kreativitas dan inovasi.

Kuncinya adalah manfaatkan waktu membaca sebaik-baiknya untuk memastikan pengetahuan yang didapat itu suatu saat akan dibutuhkan. Cobalah membaca artikel, buku, atau materi lain yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan memberikan perspektif baru.

Ketika ingin menjadi seorang jutawan, perbarui dan pelajarilah keterampilan baru. Selain itu, penting pula untuk tetap mendapat informasi dari segala bidang terlebih yang dapat memengaruhi bidang bisnis yang sedang dijalankan. Dengan demikian, cara-cara tersebut dapat membantu menuju kesuksesan menjadi seorang jutawan.

 

 

3 dari 3 halaman

6. Tidak menukar waktu dengan uang

Siapa pun yang ingin sukses, pahamilah istilah waktu adalah uang. Tidak akan pernah bisa menjadi jutawan jika tidak bisa mengatur waktu dengan benar. Jutawan muda memahami bahwa mereka harus fokus dan menghasilkan pendapatan yang konsisten tanpa menukar waktu dengan uang.

Secara strategis, jutawan memanfaatkan bakat, sumber daya, dan kekuatannya untuk menciptakan peluang pendapatan yang lebih dinamis. Dengan kata lain, jutawan muda cenderung menggunakan modalnya sendiri untuk menciptakan lebih banyak kekayaan.

Bahkan lebih dari itu. Mereka pun mencari berbagai aliran pendapatan. Mereka akan langsung bertindak ketika menemukan ide yang bagus. Jutawan yang sukses adalah yang tidak takut mengambil risiko yang diperhitungkan untuk membangun lebih banyak kekayaan.

7. Fokus pada kekuatan

Terakhir, para jutawan muda fokus untuk menguasai satu hal saja yang menjadi kekuatannya. Semua jutawan muda mengetahui bahwa mereka harus fokus pada kekuatan untuk kesuksesan jangka panjang.

Tidak ada orang yang berhasil dalam melakukan sesuatu yang mereka tidak tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik. Oleh karena itu, fokuslah 100 persen pada apa yang dikuasai.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.