Sukses

Bitcoin Kembali Menggeliat, Nilainya Tembus Rp 720 Juta

Bitcoin telah menyentuh angka Rp720 juta setara dengan USD 50 ribu pada Minggu (24/08/0210).

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin kembali unjuk gigi. Mata uang kripto ini menyentuh angka USD 50 ribu atau setara Rp 720 juta pada Minggu, 24 Agustus 2021. Kenaikan nilai kali ini mencapai level tertinggi sekitar lebih dari tiga bulan.

Melansir dari CNBC, Senin (23/8/2021), selain bitcoin, nilai Ethereum (ETH) turut naik menjadi Rp721.881 per koinnya pada Senin (23/08/2021). 

Bitcoin sempat menyentuh titik tertinggi sepanjang masa hingga USD 64 ribu atau Rp 922,25 juta pada April lalu. Bahkan telah terjual habis pada bulan Juni-Juli 2021.

Namun, penurunan drastis juga sempat terjadi sehingga menjadi topik yang hangat di kalangan investor karena nilai Bitcoin turun menjadi Rp432,3 juta saja.

Salah satu alasan penurunan adanya regulasi pengawasan baru dari pemerintah China yang telah memaksa secara sepihak operasi penambangan Bitcoin yang dianggap merusak lingkungan dan penutupan diminta untuk dilakukan ke tempat lain.

Tak heran, apabila investasi uang kripto Bitcoin membutuhkan pengamatan dan pemahaman yang lebih rumit dibandingkan koin digital lainnya. Mengingat, sifat fluktuatif yang dimiliki Bitcoin sangatlah tinggi dan tidak cocok untuk investasi jangka panjang.

Meskipun demikian, mata uang digital ini kembali memulih seiring berjalannya waktu mulai pertengahan Juli lalu. Peningkatan ini sempat diprediksi juga akan semakin meningkat dan terus meningkat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluasan Ruang Gerak

Dalam beberapa hari belakangan ini, terdapat dua pengumuman penting yang bersifat positif untuk  cryptocurrency. Pertama, Coinbase⎼perusahaan cryptocurrency⎼menyatakan akan membeli Rp7,2 triliun dalam crypto di neraca dan mengalokasikan sebanyak 10 persen dari keuntungan tersebut ke portofolio aset crypto.

Kedua, Paypal juga ikut menyatakan bahwa akan meluncurkan layanan barunya untuk memperbolehkan memungkinkan orang-orang membeli, berinvestasi, dan menjual sejenis mata uang digital di Inggris. 

Kedua hal tersebut memperluas ruang gerak cryptocurrency untuk mengepakkan sayapnya sebagai investasi berbasis digital. Sementara itu, koin digital lainnya juga mengalami peningkatan, salah satunya Ethereum (ETH).

ETH merupakan jaringan blockchain yang ditenagai oleh ether mengaktifkan peningkatan kunci pada awal Agustus untuk membuatnya mengalami peningkatan harga. Kepala Pengembangan Bisnis Luno Vijay Ayyar mengatakan ada banyak pembelian yang dilakukan.

Kegiatan transaksi tersebut mencapai USD 29-30 ribu (Rp417-432 juta) ketika Bitcoin melakukan potongan harga sebesar 50 persen⎼ potongan harga tertinggi sepanjang masa di April 2021.

Adapun, menurut Coinmarketcap, nilai seluruh pasar cryptocurrency sudah mencapai USD2,14 triliun sejak Minggu kemarin. “Banyak pemain besar mengambil keuntungan haru harga tersebut.” tambah Ayyar.

Hal ini berupaya untuk menguji Bitcoin apakah dapat mencapai level nilai yang tertinggi lagi sepanjang masa. 

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.