Sukses

Inilah Deretan Kota Teraman di Dunia pada 2021

Economist Intelligence Unit (EIU) kembali merilis daftar kota teraman di dunia dalam edisi keempat Safe Cities Index (SCI).

Liputan6.com, Jakarta Economist Intelligence Unit (EIU) merilis daftar kota teraman di dunia dalam edisi keempat Safe Cities Index (SCI).

Kopenhagen menempati peringkat pertama pada tahun ini dengan poin 82,4 dari 100 sebagai kota teraman di dunia. Kemudian diikuti Toronto yang menempati peringkat kedua dengan poin 82,2 .

Biasanya, peringkat tiga besar kota teraman di dunia dipegang oleh Tokyo, Singapura, dan Osaka. Perubahan peringkat ini terjadi karena adanya penataan kembali di antara kota-kota yang hampir menempati peringkat teratas.

Meskipun demikian, sepuluh kota terkemuka, yaitu Amsterdam, Melbourne, Tokyo, Toronto, Singapura, dan Sydney masih menempati 10 peringkat teratas dengan selisih poin yang tidak berbeda jauh.

Melansir dari keterangan pers The Economist, Senin (23/8/2021), indeks ini memberikan peringkat kepada 60 kota di lima benua yang ada di dunia untuk mengukur keamanan perkotaan yang beragam.

Penilaian menggunakan 76 indikator yang disusun dalam lima pilar keamanan, yaitu pribadi, kesehatan, infrastruktur, digital, dan lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

COVID-19 Mengubah Indikator Penilaian

Editor senior EIU dan laporan SCI2021, Naka Kondo mengatakan para ahli menemukan jika pandemi COVID-19 telah mengubah seluruh konsep keamanan dalam perkotaan.

Keamanan digital menjadi prioritas karena pekerjaan dan perdagangan telah beralih menjadi online. Kemudian, pihak yang bertanggung jawab atas keamanan infrastruktur harus menyesuaikan diri dengan perubahan dalam pola perjalanan dan bagaimana masyarakat mendapatkan manfaatnya.

Kondo menjelaskan, badan-badan yang bertanggung jawab atas keamanan pribadi perlu mengatasi perubahan pola kejahatan besar yang didorong oleh lockdown, serta prioritas yang ditetapkan oleh masyarakat dan pejabat perkotaan untuk keamanan lingkungan telah meningkat tajam karena COVID-19 menjadi peringatan nyata akan krisis yang tidak terduga.

Kerangka indeks telah mengalami evaluasi ulang dan perubahan yang signifikan, termasuk pembaruan pada indikator dan metodologi penilaian, serta penambahan indikator baru di bawah domain saat ini dan penambahan domain baru ke kerangka kerja.

Pengenalan pilar baru dengan kategori keamanan lingkungan dalam indeks tahun ini mencerminkan semakin pentingnya isu keberlanjutan dan langkah-langkah adaptasi iklim di tengah pandemi. Toronto dan Kopenhagen memiliki pilar keamanan lingkungan yang lebih baik daripada tiga kota teratas dari tahun-tahun sebelumnya.

Indeks tersebut juga menunjukkan bahwa kota-kota berpenghasilan menengah terkemuka memiliki kinerja yang jauh lebih baik di bidang keamanan lingkungan daripada kategori lainnya.

Berikut rincian daftar kota teraman di dunia.

3 dari 3 halaman

Kota dengan Kinerja Terbaik dalam Tiap-Tiap Pilar

Penelitian menemukan kinerja antar pilar keamanan saling bekaitan erat satu sama lain. Adapun kota dengan kinerja yang baik pada tiap-tiap pilar adalah sebagai berikut.

Keamanan Digital:

1. Sydney

2. Singapura

3. Kopenhagen

4. Los Angeles atau San Francisco

Keamanan Kesehatan:

1. Tokyo

2. Singapura

3. Hong Kong

4. Melbourne

5. Osaka

Keamanan Infrastruktur:

1. Hong Kong

2. Singapura

3. Kopenhagen

4. Toronto

5. Tokyo

Keamanan Pribadi:

1. Kopenhagen

2. Amsterdam

3. Frankfurt

4. Stockholm

5. Brussels

Keamanan Lingkungan:

1. Wellington

2. Toronto

3. Washington DC

4. Bogota

5. Milan

Indeks kota teraman mencatat kawasan global yang berbeda memiliki kekuatan yang berbeda pula. Secara khusus, kota-kota kaya di Asia-Pasifik cenderung lebih baik dalam keamanan kesehatan dan infrastruktur. Sementara itu, kota-kota di Eropa baik dalam bidang keamanan pribadi dan kota-kota Amerika Utara dalam bidang keamanan digital.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.